10 Jalan Raya Paling Berbahaya Di Dunia

apa yang menyebabkan sebuah jalan bisa dikatakan berbahaya? Mungkin dari keadaan disekitarnya, seperti jalurnya yang membahayakan, atau seringnya terjadi kecelakaan di area tersebut. Berikut ini adalah 10 jalanan paling berbahaya di seluruh dunia, yang dirangkum  oleh uk cars.com

10) Grand Trunk Road di India

GT, begitu nama panggilannya dibangun sekitar 500 tahun yang lalu untuk menghubungkan daerah timur dan barat india. Rudyard Kipling menyebut nya sebagai Sungai Kehidupan. Tapi bagi para pengemudi mobil, jalanan yang satu ini adalah sebuah mimpi buruk. GT mempunyai panjang sekitar 1159 mil dan dipenuhi oleh truk-truk besar dan bis-bis yang dikemudikan oleh supir-supir yang hampir tidak mempunyai sopan santun ketika berada dijalan. Bahkan mereka tidak mempedulikan keselamatan diri mereka sendiri, apalagi orang lain. Dan disana pula berdesakan pengendara sepeda motor, pejalan kaki, para salesman, atau pun seseorang yang bahkan ikut berdesakan dengan kereta sapinya, semakin menambah kerumitan GT ini.

9) Patiopoulo – Perdikaki Road di Yunani

Jalur yang menyulitkan dan berdebu terbentang dari Patiopulo menuju Perdikaki di daerah Agrafa Yunani. saah satu jalur sibuk ini dipenuhi oleh lubang-lubang dan bahkan kerikil-kerikil kecil yang yang licin. Selain itu lebarnya yang sempit juga menyulitkan para pengendara mobil. Selain itu jalan ini tidak memiliki jalur pemandu atau garis lalu lintas yang biasanya ada ditepi jalan. Kecelakaan sering terjadi di daerah ini pada malam hari.

8) A44 di Inggris

Sebenarnya sebagian besar jalur yang melintang dari Oxford di daerah selatan Inggris sampai ke Aberystwyth di Barat wales ini tidak terlalu bermasalah dan sangat mulus. Tapi justru di jalur 25 mil antara Leominster dan Worcester banyak terdapat sudut-sudut yang tak terlihat. Seperempat kasus kejadian kecelakaan disini melibatkan kendaraan bermotor roda 2. Dalam tahun tahun terakhir ini banyak kampanye yang menganjurkan tentang pengendalian kecepatan dan dimonitor secara ketat. Tapi tetap saja, rute ini memberikan sebuah sensasi tersendiri, yaitu was-was pada pengendara sepeda motor.

7) Luxor-al Hurghada Road di Mesir

jalan raya paling berbahaya di mesir ini menghubungkan 2 lokasi wisata sekaligus yaitu kota kuno Luxor di daerah selatan dan Hurghada, tempat yang biasa digunakan untuk pelatihan selam di daerah laut merah. Rute ini dikenal sebagai daerah yang penuh dengan kriminil dimana para pelancong sering dihadapkan pada ancaman perampokan dan pembajakan. Untuk menghindari hal-hal tersebut, pengemudi biasanya tidak menyalakan lampu mereka dimalam hari dan bisa diprediksi akibat apa yang akan diterima oleh para pengendara mobil di jalan ini.

6) Cotopaxi Volcan di Ekuador

jalur ini sepanjang 25 mil dan berdebu, salah satu jalur dari sekian banyak jalur berbahaya di ekuador. Menghubungkan antara Pan American Highway dan Cotopaxo Volcan NAtional Park yang menyediakan pemandangan gunung api yang menjadi salah satu gunung api teraktif didunia. Yang mengerikan dari jalur ini adalah banyaknya lubang. Tapi yang menjadi pusat ketegangan ketika melewati jalur ini adalah ketika harus melewati jembatan yang ada disini. Kenapa bisa begitu? karena didaerah ini sering sekali terjadi banjir bandang, dan sering terjadi disini adalah dalam artian yang sesungguhnya dimana banjir bandang bahkan terjadi ketika hujan gerimis turun. dan banjir inilah yang menjadi ancaman terbesar.

5) Coastal Roads di Kroasia

Jalur ini mempunyai lebar yang sempit dan lingkungan alam yang sering membingungkan, selain itu kurang tanda lalu lintas. Bagi para turis hal ini sangat mengerikan ketika ditambah dengan kelakuan para pengemudi kroasia yang sering mengebut. Pemandangan sekitar jalur ini memang mengagumkan, tapi sebaiknya ketika melintasi jalur ini, kita harus tetap fokus pada jalur yang kita lewati, jangan meleng.

4) Pan American Highway di Costa Rica

The Pan American Highway adalah jalur mobil terpanjang didunia, membentang sekitar 30 ribu mil dari alaska hingga ke daerah yang lebih rendah di Amerika Selatan. Beberapa titik di jalur ini bisa sedikit menipu, tapi bagian yang paling terkenal dijalur ini adalah Cerro de La Muerte, gunung tinggi yang melintas dari San Isidro de El General hingga ke Cartago di Costa Rica. Sempit, berkelok, dan penuh dengan lubang dan belum lagi ditambah dengan potensi banjir dan tanah longsor. Dan arti dari Cerro de La Muerte adalah Bukit Kematian. Mengerikan bukan?

3) Sichuan-Tibet Highway di China

Cina mempunyai populasi penduduk yang paling luar biasa di dunia, tapi catatan angka kematian karena kecelakaan dijalan raya juga mengagetkan. Hampir setidaknya 100 ribu orang meninggal dunia di jalan raya di cina setiap tahun. Dimana ini artinya 1 orang meninggal setiap 5 menit. Dan faktanya justru daerah yang penduduknya lebih sedikit mempunyai angka kecelakaan paling besar. Pastinya ada jalur yang berbahaya disini yaitu jalur sepanjang 1240 mil sepanjang Sichuan hingga dataran tinggi Tibet, yang menyajikan setidaknya lebih dari sedosen gunung-gunung dengan ketinggian yang berbeda. Dan karena ketinggian inilah artinya anda harus mengemudi diantara awan-awan sekitar gunung dan masih ditambah dengan potensi terjadinya tanah longsor.

2) BR-116 di Brazil

Jalan ini adalah jalan terpanjang kedua didunia yang membentang hampir sepanjang 1000 mil dari Porto Alegre hingga ke Rio de Janeiro Brazil. Jalur tengah yang panjangnya sekitar 250 mil dari Curitiba hingga So Paulo adalah jalur yang harus diwaspadai karena tingkat kecelakaannya yang tinggi. Secara resmi, jalan ini dijuluki sebagai Rodovia regis Bittencourt, yang oleh penduduk lokal menyebutnya dengan Rodovia de Morte yang artinya Jalan Kematian. JAlur yang licin, kondisi jalan yang memprihatinkan dan cuaca yang tidak menentu adalah salah satu ancaman pengendara mobil yang melintas di jalur ini.

1) The North Yungas Road di Bolivia

Inilah jalanan yang paling berbahaya di dunia. Letaknya ada di Bollivia. North Yungas Road melintasi pegunungan Andes. Berputar dan berkelok sepanjang 45 mil dari La Paz to Coroico dengan jurang disekelilingnya. Yang unik adalah, anda akan menemukan banyak sekali kendaraan yang “terjun” ke dalamnya. Saat melewati jalan ini, pengemudi mobil harus berjibaku dengan kelokan-kelokan tajam, kendaraan lain yang berkecepatan tinggi, dan kabut-kabut yang sering muncul serta resiko terjadinya tanah longsor. Dimasa lalu sekitar 200 hingga 300 orang diperkirakan tewas tiap tahunnya saat melintasi jalur ini, tapi angkanya menurun drastis saat dibukanya jalur alternatif pada tahun 2006. Tapi perusahaan wisata menawarkan alternatif menantag bagi para pengemudi sepeda motor ekstrem yang ingin mencoba ketegangan jalur utara Yungas ini.

Mungkin masih banyak jalur menakutkan di bumi ini, bahkan di Indonesia sendiri, yang punya banyak jalan raya maut, yang terkenal karena jalurnya yang sering memakan korban jiwa pengendara kendaraan bermotor. Mengenali medan, kondisi kendaraan yang prima dan berhati-hati adalah salah satu cara untuk terhindar dari kecelakaan saat melewati jalur rawan kecelakaan.

Drive save, peoples,

XOXO,
Toekang Roempi

About these ads

6 thoughts on “10 Jalan Raya Paling Berbahaya Di Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s