Crop Circle : Bikinan Makhluk Luar Angkasa?

Ceritanya, mau nyari2 gambar “Crop Circle” buat wallpaper kompi. Kayaknya lucu juga. Eh, pas googling, banyak banget gambarnya mpe bingung. Dan akhirnya malah keterusan buat baca2 artikel tentang fenomena yang satu ini.

Dulu, masih inget waktu jaman2 SD, ada sebuah program di TVRI, yang judulnya SIGHTINGS. Membahas tentang hal2 yang berbau2 sains sekaligus supranatural. Nah, waktu itu ada juga tentang pembahasan tentang Crop Circle.

Apaan tuh Crop Circle?

Crop Circle

Crop Circle

Well, secara harafiah sih, arti dari istilah Crop Circle adalah bentuk geometris dan abstrak yang terbentuk oleh sebuah alat perata tanaman, yaaa, sebut saja seperti mesin pemotong rumput itu lah. Nah, bentuk2 seperti ini biasanya memang terdapat pada ladang2 jagung, gandum, kedelai, dan lain2. Makanya dikasih nama Crop Circle.

Awal penemuan dari Crop Circle ini sendiri kira2 di akhir tahun 70an di beberapa daerah di Inggris (based on the article from crystalinks.com). Banyak ahli sains yang menerka-nerka tentang fenomena itu dan menyebarlah teori2 tentang terbentuknya “lingkaran ladang” ke seluruh dunia. ada yang bilang itu adalah ulah makhluk supranatural, bahkan teori UFO pun muncul.

Nah, sekitar hampir 20 tahun kemudian terkuaklah sebuah fakta bahwa ternyata, 2 orang lelaki bernama Doug Bower dan Dave Chroley – lah yang membuat banyak lingkaran ladang a.k.a Crop Circle itu dihampir banyak tempat di Inggris dengan hanya menggunakan bajak, kawat, tali dan peralatan tani tradisional lainnya sejak akhir tahun 70-an. Tapi, bagaimanapun juga semua teori pembentukan Crop Circle yang nganeh-anehi itu sudah terlanjur populer sampai sekarang.

Bahkan ada juga Paranormal yang meneliti keberadaan dan terbentuknya Crop Circle itu sampai dengan sekarang. Bahkan mereka punya istilah ilmu yang mempelajari tentang Crop Circle, yaitu Cerealogy dan para penelitinya disebut sebagai Cerealogyst. Biasanya yang dipelajari adalah bentuk desain dan hubungannya dengan dunia metafisika.

Walaupun fenomena Crop Circle ini muncul sekitar tahun 70 an sampai sekarang, ternyata, hal aneh satu ini sudah ada sejak jaman baheula lho? sekitar tahun 1647, masyarakat mengenal cerita dan tokoh bernama Mowing Devil yang kerjaannya membuat lingkaran dihutan2. Karena emang Mowing Devil ini adalah pemotong kayu.

Dan seiring dengan perkembangan waktu, manusia jadi lebih rasional dengan hal ini. Pada 1880, seorang peneliti amatir berpendapat bahwa Crop Circle terbentuk karena angin puting beliung – angin siklon yang berputar2 dan membentuk pola tertentu. Sudah pernah dibuktikan dengan meneliti banyak angin siklon yang terjadi di beberapa tempat, tapi hasilnya nggak serapi yang sudah2.

Well, i’m not an expert on this, but if you wanna know further about this phenomenon, you may click here, to see the detail about the articles. and try to figure out, what related links with the crop circle theory on the sites.

But  once again, do you believe that we are alone?

Well, the truth is out there (X File’s Tag Line)

XOXO

Toekang Roempi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s