Gerrothorax Pulcherrimus : Amfibi Paling Aneh

Menurut peneliti sih begitu,

Soalnya dari kebanyakan amfibi dan hewan bertulang belakang lain, Si Gerry ini punya mekanisme makan yang aneh. Kalo biasanya amfibi menggunakan rahang bawah untuk “nyaplok” makanannya, si Gerry ini enggak, Dia bakal menarik ruas kepalanya ke belakang dan mengangkat rahang atasnya dan memangsa buruannya.

"Taken From Reuter's Photo"
“Taken From Reuter’s Photo”

Si gerry ini udah punah sekitar 210 juta tahun yang lalu. jadi bisa dipastikan hidup pada era dinosaurus.

Menurut peneliti dari Harvard University – Farish Jenkins, nggak ada amfibi yang melakukan mekanisme makan seperti Gerry. Mungkin beberapa amfibi kadang2 salamander juga melakukan pengangkatan rahang atasnya dengan halus tapi kalo yang seperti Gerry dipastikan tidak ada. mekanisme ini memungkinkan karena struktur tubuh Gerry yang mampu beradaptasi dengan baik, terutama di bagian tengkorak dan sendi leher kepala si Gerry. Itulah kenapa Gerry masuk sebagai amfibi paling jelek. Huehehehe (itu kata si Profesor lho ya😀 )

Menurut penelitian, Gerry berukuran sekitar 1 meter dan hidup di dasar danau. Makanannya ikan. Dan dia senang memangsa ikan2 tersebut dengan gerakan yang tiba2. Gigi2nya tajam dan dalam mulutnya ada banyak sekali gigi2 kecil yang mencegah ikan2 yang terperangkap lolos kembali.

Selain itu, Gerrothoax juga punya sesuatu yang istimewa. Tubuhnya seperti memiliki perisai yang kuat dan keras untuk menghindari pemangsa seperti buaya purba dan amfibi yang berukuran lebih besar lainnya.

Gerrothoax adalah salah satu amfibi yang masuk dalam kelompok Plagiosaurus, yang musnah berjuta2 taun yang lalu bersama dengan lebih dari 200 spesies hewan purba. Hewan2 ini musnah pada jaman Triasic.

Fosil si Gerry sendiri ditemukan di sebelah timur Greenland.

To see the detail about this article, please read this article.

Wheeeww… Tuhan memang selalu menciptakan sesuatu yang unik ya? Dan tentu saja, Toekang Roempi salah satunya.😛

XOXO,

Toekang Roempi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s