Antikythera : Komputer Pertama di Dunia

Menarik nih..memicu perdebatan apakah memang benar bahwa alat ini termasuk jenis komputer? Kalau memang iya, berarti Atikythera adalah komputer pertama di dunia!

"antikythera"
“antikythera”

Jadi nih, kurator museum di Inggris berhasil membangun kembali sebuah replika sebuah alat yang digunakan pada jaman Yunani kuno dan diperkirakan berusia 2000 tahun.

Bentuknya hampir mirip dengan jam analog, dan orang2 Yunani kuno menggunakannya untuk menentukan tempat dimana olimpiade bakal digelar.

Antikythera yang asli berhasil diangkat dari dasar laut di dekat pulau bernama Antikythera pada tahun 1902. usianya waktu itu ditaksir 150 tahun sebelum masehi.

Setelah penemuan itu, banyak ilmuwan yang meneliti dengan menggunakan beragam metode, bahkan sampai menggunakan XRay, Gamma Ray dan menggunakan bantuan komputer 3 dimensi untuk mencari bentuk asli dari kepingan2 Antikythera.

Secara garis besar sih, mekanisme pengukuran ala Antikythera ini dihasilkan dari pergerakan alat2 didalamnya, yang diatur oleh sebuah knob disalah satu sisi dari mesin ini. Ketika knob ini diputar , interface dari Antikythera akan bekerja menggerakan jarum2 yang akan menunjukkan data2 pada bagian luarnya.

Ada beberapa bagian penunjuk pada Antikythera. Diantaranya adalah Zodiac yunani kuno, kemudian kalender mesir, kalender bulan, dan penentu waktu kapan olimpade akan diadakan.

Dan dari mekanisme tersebut, Antikythera diketahui sebagai komputer tertua dan sekaligus sebagai komputer “hijau” pertama didunia, karena tidak menggunakan energi lain selain gerak yang dihasilkan oleh manusia.

Setuju nggak sih? Dan sebenarnya, kalo komputer itu kerjanya seperti apa sih?

You better read this buat tahu, apa bener semua setuju kalo Antikythera adalah komputer pertama di dunia.

XOXO,

Toekang Roempi

PS : Artikel dan gambar diambil dari :

http://blog.wired.com

7 thoughts on “Antikythera : Komputer Pertama di Dunia

  1. Pingback: Just for Fun » Archive » Antikythera : Komputer Pertama di Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s