Pemalang : Kota Sejuta Kenangan (haiah!)

Good morning, rumpies!

What a beautiful wet day isn’t it? capek ya? cucian nggak kering2? Wuekekekek😀 …emang ya? kalo musim ujan begini paling enak punya mesin cuci sendiri plus pengering. Nggak usah repot2 ngucek, nggak usah khawatir basah, cucian bakal cepet kering. Pfffuuuhh!

Bay de wey, kemarin aku pulang kampung ke kota Pemalang. sebuah kota kecil seukuran noktah beras di jalur pantura. Keperluannya sih mau perpanjang SIM dan KTP yang akan habis bulan Desember ini.

Hanya cuti 2 hari dengan 1 hari efektif, aku mengurus kesana-kemari. Selebihnya jalan2.😀

Mengunjungi kota Pemalang, yang hampir 3-4 tahun berlalu, rasanya sangat menyenangkan. Jalan2 menuju kota pemalang sudah lebar. Kalau dulu, masih 2 lajur, tapi sekarang sudah dibuat 4 lajur. Hebat! sangat lebar dan bebas macet.🙂

"jalur pantura"
“jalur pantura”
"jalur masuk ke kota pemalang"
“jalur masuk ke kota pemalang”
"Selamat Datang Di Pemalang"

"Selamat Datang Di Pemalang"

Kota yang satu ini memang tergolong kota kecil, tapi suasananya lumayan enak. Yaa…bisa dibilang, so-so lah dengan yang namanya Kudus.

Dan nggak lengkap rasanya kalo berkunjung ke Kota pemalang, tapi nggak mampir ke sekolahku dulu. Namanya SMK Texmaco Pemalang. Ini adalah tempat dimana aku menuntut ilmu selama 3 tahun. Tempat dimana aku ketemu dengan banyak orang. Tempat dimana aku bisa ngerasain bagaimana rasanya jatuh cinta dan bertahan sampai sekian lama (halah!)😛
Dan ini lah gedung sekolahku
"Gerbang Sekolah"

"Gerbang Sekolah"

 
Kota Pemalang ini memang punya banyak tempat untuk menikmati makanan khasnya. Sama seperti kota2 lain. Tapi beberapa makanan khas yang bisa dinikmati di kota Pemalang ini antara lain :
  1.  Nasi Grombyang : Hampir sama seperti nasi gule. Hanya saja makanan yang satu ini ditambahi dengan “serundeng” atau kelapa parut yang dikeringkan dan ditambahkan pada kuahnya. Nasi grombyang ini enak kalo dimakan dengan sate loso di siang hari dengan cabe yang agak banyak a.k.a pedas. Salah satu yang terkenal itu terletak di alun2 kota Pemalang.
  2. Kamir, kalo yang ini bentuknya hampir mirip seperti Dorayaki-nya Doraemon. Dulu pernah bawa jajan ini ke kantor dan diserbu abis sama temen2. Mirip dengan bolu sih, secara adonannya juga sama. Tepung Terigu, gula pasir, santan dan tambahan2 lainnya. Cara masaknya juga sama, dikukus. Tapi bedanya adalah, durasi dan caranya. Pembuatan kamir menggunakan arang dan cetakan khusus. Makin gosong kamirnya, makin enak rasanya. Cuma, kemarin2 nggak bisa bawa kamir, karena konon kabarnya, semakin sedikit pengusaha kamir yang bertahan ditengah2 naiknya harga bahan pokok. Hiks…
  3. Untuk yang lainnya sih sama deh dengan kota2 lain. Paling kalo ngomongin soal tempat wisata, disana juga banyak sebenarnya. Kalo mau ke pantai widuri, bisa. Kebarat sedikit, udah masuk kota tegal sih sebenarnya, ada Purwohamba. Atau yang mau ke kabupaten pemalangnya, agak ke pelosok, bisa ke wanawisata atau bisa ke randu dongkal atau bantar bolang, Disana lumayan banyak wisata alam, tapi agak kurang tahu sih😛
Ya…kapan2, kalo kamu ada waktu, mampirlah ke Pemalang. Segala macam kebutuhan belanja ada. Tapi jangan harap mau nonton film di Bioskop ya? Sudah almarhum tuh tempat2 begituan. Yang ada sekarang adalah pusat2 perbelanjaan. MORO, DEDY JAYA, BASA PUTRA, adalah salah satu dari sekian banyak tempat2 belanja di kota Pemalang.
NANG KENE KYEEEEEH, KOTA PEMALANG!!! – Huahahaha (ini adalah bahasa ngapak-ngapak khas kota pemalang yang artinya : disini nih kota Pemalang)
Huehehe…
XOXO,
Toekang Roempi

19 thoughts on “Pemalang : Kota Sejuta Kenangan (haiah!)

    • Seiring waktu berputar kota PEMALANG kian mempercantik diri , jalan-jalan yang dulu rusak kini sudah bagus , begitu pula prasarana yang ada seperti obyek wisata pantai Widuri dengan Waterboomnya menambah daya tarik tersendiri , Lebaran tahun lalu aku tidak pulang jadi aku belum melihat secara langsung wajah kota IKHLAS itu. Aku kangen kota Pemalang , terutama gedung perpustakaan yang ada di depan kantor Kabupaten Dati II PEMALANG. Ketika aku masih sekolah perpustakaan ini sering jadi persinggahanku, apa lagi pada waktu itu hari minggu tetap buka, aku habiskan waktuku di perpustakaan ini. Bagaimana keadaannya sekarang ya ?

      • gedung perpustakaan masih ada, tapi saya juga kurang tahu bagaimana dalamnya sekarang, sudah hampir 8 tahun nggak kesana..😉

    • yang norak siapa ya mas? buat tyar – ato buat saya? norak tuh artinya ya apa ik? btw, tau nggak sih kalo pemalang itu tidak lebih populer dari pekalongan, tandanya, nggak semua orang tahu tuh….

  1. aku jga kangen ama kampung halaman.., inget masa kecil.. kadang kalo lagi sutress pengennya pulang…terus kepantai widuri… sendirian…uchh.. rasanya adem

  2. Walaupun Pemalang jare kota cilik, tapi nggo wong Pemalang, kotane paling adem. Paling tentrem. Mengko ning aku tuwa kepengin balik Pemalang bae.
    (Wapaupun Pemalang katanya kota kecil, tetapi bagi orang Pemalang, kotanya paling sejuk. Paling tenteram. Nanti kalau aku tua ingin pulang Pemalang saja.)

  3. PEMALANG bagiku kota penuh kenangan.
    Bagi warga kota Pemalang , terutama yang tinggal di kota tentu tidak asing dengan Masjid Agung dan Alun-alun kota Permalang. Masjid Agung ini adalah pusat kegiatan para santri, juga tempat kegiatan sholat Jumat bagi warga sekitarnya. Kaum muslim yang tinggal di 3 desa, yaitu Kebondalem, Pelutan dan Mulyoharjo sebagian besar sholat jumat di Masjid Agung Pemalang. Aku sendiri merasa lebih afdhol dan khusuk bila sholat di masjid itu.

    Kalo alun-alun kota Pemalang adalah tempat terindah saat aku tinggal di sana. Di sana menyimpan sejuta kenangan terutama pada masa kecilku. Saat aku kelas v SD, aku dinobatkan sebagai murid teladan bersama beberapa murid sekolah yang ada di kota Pemalang. Acara itu berlangsung usai upacara 17 Agustusan. Beasiswa pun diberikan pada kami, anak yang tergolong berprestasi.

    Alun-alun tempat yang tak kan terlupakan sampai kapanpun karena tempat ini tempat berkumpulnya para remaja. Pada saat Lebaran alun-alun sangat ramai di malam hari, seperti pasar malam di alun-alun tersedia berbagai macam makanan, dan aneka hiburan terutama untuk anak-anak. Kalau kita pulang dari perantauan dan ingin ketemu teman-teman lama cobalah ke alun – alun pada saat lebaran di malam hari , niscaya akan ketemu . Jadi alun -alun adalah tempat reoni sebagai pengobat rindu.

    • Wah, ternyata banyak yang punya kenangan dengan kota Pemalang ya?? selamat menikmati nostalgia dengan kota pemalang..

  4. Aku bersyukur lahir dan dibesarkan di kota Pemalang, namun aku bersedih bila mengingat masa remajaku yang bernasib malang alias kurang beruntung. Aku harus droup aut dari SMA Neg.1 Pemalang karena ekonomi keluargaku sangat minim. Berbagai cara aku lakukan untuk tetap bersekolah,dari berjualan koran hingga menjajakan roti di terminal Sirandu yang aku lakukan tiap pulang sekolah,namun penghasilanku jauh dari memadai. Aku tidak dapat melunasi uang gedung dan uang SPP, walau IQ ku masih mampu namun keadaan tetap mengharuskan aku hijrah dari sekolah dan kota Pemalang.

    Alhamdulillah, di Jakarta aku dapat lepas dari keterpurukanku. Aku bekerja sambil sekolah, singkat cerita aku menikah dengan orang Jakarta tapi dari suku Jawa. Sekarang aku tinggal di Bekasi bersama istriku di rumah yang kami beli dari hasil keringat kami sendiri.

    Aku ucapkan beribu terima kasih kepada Emak dan Bapakku (almr) yang tak henti-hentinya mendoakan aku. Kepada ALLAH SWT , hamba sangat dan selalu mensyukuri akan nikmat yang telah Engkau berikan. AAAMMIIIEEENN.

    Istriku yang bukan orang Pemalang sekarang bertambah CINTA dengan KOTA dan aku putra Pemalang.

  5. rencana aku Januari 2011 akan ke kota Pemalang ditugaskan mengelola salah satu perusahaan beras, tolong dong temen beri informasi tentang Kota pemalang, baik tempat makanan yang mahal;murah, tempat hiburan ( tamasya, belanja, cafe, spa ,discotik dll ). Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s