Uji Kandidat Di TV One

"uji kandidat Tv One"

"uji kandidat Tv One"

Hari selasa malam di TV one, ada uji kandidat calon legislatif 2009. Mekanismenya, para calon diharuskan menjawab pertanyaan yang diajukan dengan cepat. Dari masing2 sesi ada 5  pertanyaan yang harus dijawab. Seperti layaknya kuis siapa berani, mereka2 yang berhasil menjawab dengan tepat dan cepat, dialah yang akan maju ke babak berikutnya.

Setelah babak demi babak dilalui, akhirnya terpilih 4 calon terbaik. Walaupun si Alfito Deanova (yang keliatan berhati2 sekali) mengatakan bahwa siapa yang tidak maju ke kursi panas, bukan berarti tidak layak, tapi tetap saja timbul pertanyaan, pantaskah orang2 itu menjadi wakil rakyat untuk 5 tahun ke depan, wong menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pengetahuan umum dan berkaitan dengan kerjaan mereka saja salah?😛

Akhirnya keempat kandidat tadi ditanya lagi sama panelis yang terdiri dari 2 orang. Satu dari wartawan senior kompas (kalo nggak salah editor in chief-nya deh) plus Mbak Zora sebagai psikolog – jaman sekarang, wakil rakyat juga perlu kali ya mbak lulus tes psikologi dan kejiwaan, biar nggak kejadian lagi tuh, gontok2an di ruang sidang dan ditonton oleh rakyat. Malu2in negara ajah!

Ya, yang pasti program ini cukup bagus untuk bisa membuka mata rakyat akan siapa2 saja wakil mereka di kursi dewan kelak. Layakkah? atau justru sebaliknya?

Memang, wakil rakyat nggak melulu harus yang jenius dan tahu segala macam hal, tapi aku pribadi merasa bahwa poin itu juga penting. Dan tentu saja, keinginan mereka untuk memperjuangkan kepentingan rakyat banyak dibandingkan kepentingan partai apalagi pribadi.

Ah, tapi mah, mau kayak gimanapun juga, saya sendiri sudah agak apatis dengan keberadaan banyak calon wakil rakyat yang berpropaganda sekarang. Sama sekali nggak bikin hati sayah tergerak tuh? Udah ketahuan kok, cuma LIP SERVICE ajah! kalo pas lagi butuh aja mereka manis2. Kalo udah jadi? sedikit yang mau kembali ke akar rumput dan melihat permasalahan yang terjadi disana. Emang susah ya?

Kalo begini jadinya, Golput aja ah….

Uhmmm…tapi,…golput katanya haram. Gimana tuh?

Lalu gimana juga dengan orang yang memilih wakil rakyat yang pada akhirnya korup dan nggak bener? masuk fatwa haram juga nggak ya? soalnya kita yang milih ikutan dosa kan kalo pemimpin yang dipilih nggak bener? kita juga kan yang ikut andil dalam menghancurkan bangsa karena memilih orang yang nggak tepat?

Bakal jadi fatwa haram juga nggak tuh?

Kalo saya sih, sudah niat buat jadi Golput tuh, untuk pemilu tahun depan. Jadi, mau datang ke TPS aja, terus menggambar sesuatu di surat suaranya. Huehehehehe….

Peace!

XOXO,

Toekang Roempi

PS : Golput hanya untuk yang tidak percaya pada calon2 wakilnya. Kalo kelak ada yang dipercaya, saya nggak Golput lagi.

2 thoughts on “Uji Kandidat Di TV One

  1. as. mengapa uji kandidat yang sering menempati rangking pertama diperoleh dari partai keadilan sejahtera, apa partai lain belum mempersiapkan diri jadi calon legislatif?, maka perlu ada pengkaderan sehingga wakil kita mengerti dan memahami tugas yang akan diberikan menjadi anggota dewan. ws

    • wah, kalauu yang itu saya kurang tahu sih mas burhan, masalahnya bukan hanya pengkaderan, tapi masyarakat sudah mulai bisa melihat mana partai dan kader yang sekiranya bisa dipercaya mengemban amanah rakyat…teori saya sih begitu…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s