Golongan Darah Berhubungan Dengan Kepribadian?

Weeeewww…ada teori lagi nih, kalo ternyata, golongan darah kita bisa mendeteksi jenis dari kepribadian kita. Bagaimana bisa ya? Hmmm…

Mungkin agak aneh bagi kita, tapi bagi orang jepang, mereka mempercayai bahwa golongan darah erat kaitannya dengan jenis/tipe kepribadian seseorang. Bahkan ada majalah disana yang secara rutin memberikan prediksi layaknya zodiac, tapi ditentukan oleh golongan darah.

Bahkan orang jepang, terutama para pembuat game, sering menentukan karakter2 dalam game mereka dengan menetapkan golongan darah dari sang tokoh terlebih dahulu.

Makanya, buat orang jepang, golongan darah itu penting. Itulah kenapa mereka bakal terkejut kalo ada orang asing yang nggak tahu golongan darah mereka sendiri.

Awal Ditemukannya Golongan Darah

Tipe golongan darah ini pertama kali ditemukan pada awal abad ke 19. Ilmuwan dari Austria – Karl Landtseiner – menemukan 4 tipe golongan darah. Seperti ilmuwan lain pada masa itu , yang menentukan besar ukuran otak yang berbanding lurus dengan kemampuan manusia, golongan darah ini juga dihubung2kan dengan superioritas sebuah ras. Alih2 para ilmuwan kulit putih itu ingin menyatakan bahwa ras manusia bergolongan darah B -kebanyakan dari asia – adalah ras yang inferior – sama seperti golongan darah yang dimiliki oleh banyak hewan. Dan tentu saja, pernyataan ini adalah pernyataan yang sangat rasis.

Itulah kenapa, ilmuwan asal jepang meneliti lagi dengan lebih seksama, bahwa apa yang diungkapkan oleh para ilmuwan itu adalah salah besar. Pada tahun 1927, profesor jepang Takeji Furukawa, merilis sebuah tulisan disurat kabar dengan judul “Studi Tentang Temperamen Melalui Golongan Darah”. Walaupun pada masa itu sang profesor tidak menyertakan bukti2 ilmiah yang mendukung, tapi banyak masyarakat jepang yang percaya bahwa tipe golongan darah menentukan kepribadian seseorang, bukan kemampuannya.

Malahan, pemerintah jepang kala itu membentuk sebuah komisi peneliti yang bertujuan untuk membentuk pasukan yang tangguh berdasarkan golongan darah tersebut.

Tahun 1970-an, Masahiko Nomi memperbarui ide tersebut dan populer sampai sekarang. Bahkan buku yang mengulas tentang hubungan antara golongan darah serta kepribadian seseorang ini, laris manis dipasaran.

Jenis Golongan Darah dan Tipe Kepribadian

Salah satu cara untuk mengetahui golongan darah kamu, melalui pengecekkan di klinik2 juga bisa. Atau minta bantuan ke bank darah untuk mengecek golongan darahmu. Kalau sudah tahu, mungkin bisa cek di artikel berikut :

blood Type O
“blood Type O”

Tipe O  : Orang yang bergolongan darah O, biasanya mudah bergaul. Kehidupan sosialnya baik. sering menjadi pusat perhatian. Kreatif. Mampu mengesankan orang lain dan menarik. Orang bergolongan darah O adalah orang yang terorganisir, dan punya determinasi kuat. Sering kali keras kepala, tapi sifat yang satu bisa membantunya meraih semua keinginannya. Dan mereka punya potensi untuk menjadi pemimpin yang baik. Untuk urusan asmara, Golongan darah O paling cocok dengan orang yang bertipe O dan AB. Pekerjaan yang cocok : Bankir, Penjudi (tidak disarankan), Politisi, Menteri, Atlit Profesional, broker investasi.

Blood Type A
“Blood Type A”

Tipe A : Orang bergolongan darah A biasanya kelihatan tenang diluaran, tapi didalam, sering merasa cemas dan khawatir. Perfeksionis dan pemalu. Seringnya, orang bergolongan darah A adalah seorang yang introvert. Tapi tangguh dan stabil. Mereka adalah pendengar yang baik dan sensistif. Biasanya fashionable tapi tidak termasuk yang jadi korban mode. Romantis dan sering mencampur adukan antara realita dan fantasi cinta. Untuk urusan Asmara, orang bergolongan darah A cocok dengan tipe A dan AB. Karir yang cocok adalah Pustakawan, Akuntan, Penulis, Ekonom, Programer Komputer dan penulis kolom gosip.😀

Blood Type B
“Blood Type B”

Tipe B : Orang yang bergolongan darah B adalah orang yang target – oriented. Sering menetapkan rancangan2 dalam hidupnya jauh sebelum dia mengetahui situasinya. Orang yang mudah dikenal dilingkungannya dan mampu membaca orang lain dan situasi dengan baik sehingga mampu memberikan dukungan yang dibutuhkan. Suka mengkritik penampilan orang, kemudian pemilih dan tak menyukai hal2 remeh, selain itu, Tipe B ini adalah seorang yang kompulsif dan individualis, namun sangat kuat dan idealis. Untuk cinta, tipe B cocok dengan B dan AB. Karir yang cocok adalah Chef, Penata Rambut, Pemimpin Militer, Jurnalis dan Pembawa Acara Bincang2.

Blood Type Ab
“Blood Type Ab”

Tipe AB : Kalau yang ini adalah paduan dari kedua golongan darah A dan B. Kadang2 bisa sangat percaya diri dan suka tampil, tapi dilain waktu bisa sangat pemalu dan ragu2. Orang yang bertipe darah AB tidak suka dengan label atau status, mereka sangat senang berdiri sendiri, easy going dan sangat baik. Logis dan punya determinasi dalam melakukan semua hal secara benar. Dapat dipercaya dan suka membantu. Sopan santun dalam bertutur kata, sabar, mampu berkonstrasi dengan baik, dan cerdas. Golongan darah Ab cocok dengan semua golongan darah dalam urusan cinta. Karir yang cocok adalah bartender, pengacara, guru, sales representatif, dan pekerja sosial.

Well, yang pasti ini hanya sekedar cara lain untuk mengetahui sisi dalam diri kita. Nggak usah dipikir2 secara mendalam. Karena ini hanya salah satu cara untuk bersenang-senang, peoples!

Dan tahu nggak sih kalo ternyata, di Jepang, golongan darah AB adalah golongan darah yang buruk. Tokoh2 penjahat dalam game buatan jepang, sering bertipe AB. Padahal, banyak yang berpendapat, golongan darah AB adalah golongan darah yang istimewa, karena termasuk langka.

Kalo si Toekang Roempi, bergolongan darah B+🙂

Peace, XOXO

Toekang Roempi

Artikel ini diterjemahkan secara bebas oleh ToekangRoempi dari www.divinecarolline.com

2 thoughts on “Golongan Darah Berhubungan Dengan Kepribadian?

  1. uhhmmm… penjelasan tentang golongan darah AB kok gak nyetem ma seringnya di gunakan untuk tokoh penjahat dalam game Jepang yaaa..

    no name bergolongan darah AB, setelah aku baca, ada benernya jg seh, tp ya HEAVEN KNOWS !!!

  2. @no name : mungkin karena emang penjahat dalam game2 jepang digambarkan begitu dingin sekaligus ceria, tapi kejam dan cerdas, who knows. Nggak tahu juga sih, bukan gamer cuy! Huehehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s