Penyebab Mimpi Buruk

Whoaaaammm….ngantuk nih…padahal udah tidur semalam suntuk, tapi sepagi yang hampir siang ini juga masih menguap. Capek kali ya?

atau jangan2 semalem emang nggak bisa tidur gara2 mimpi buruk?

Hmmmm….

Mimpi buruk. Nightmares. Sering terjadi pada kita. Dan nggak ada yang suka bermimpi buruk. Apalagi kalau sampai harus membangunkan kita dari tidur lelap kita dimalam hari.

Tidak hanya menganggu, tapi kalau terlalu sering terjadi, mimpi buruk juga bisa berimbas pada kualitas hidup kita secara keseluruhan lho?

Percaya nggak percaya, artikel dari Divine Caroline yang aku terjemahkan bebas ini menunjukkan akibat mimpi buruk yang sering dialami oleh banyak orang. Dan tentu saja sebab2nya juga.

Kebanyakan orang mengartikan mimpi buruk itu dengan jenis mimpi tertentu, misalnya bertemu dengan hantu, atau mengalami sebuah kejadian yang tidak menyenangkan seperti kecelakaan misalnya. Padahal definisi mimpi buruk sendiri lebih dari itu. Andai saja kita terbangun dari tidur karena sebuah mimpi dan pada saat terbangun kita merasa tidak nyaman, cemas, takut dan lain sebagainya, itu juga bisa disebut sebagai mimpi buruk.

Telanjang di depan banyak orang, contohnya. Pernah kan mimpi seperti itu?

Tidur pada dasarnya mempunyai 3 fase yaitu fase Non REM – Fase REM – Dan fase Dream Sleep.

Fase Non REM biasanya terjadi di satu jam pertama, ketika semua otot2 tubu merasakan relaks. Dan bisa juga disebut sebagai fase persiapan tidur.

Kalo Fase REM sendiri biasanya terjadi pada 60 menit selanjutnya dan biasanya berlangsung selama 60-120 menit. Dan kemudian tubuh akan menuju ke fase selanjutnya yaitu dream sleep atau yang disebut juga sebagai tidur nyenyak.

Mimpi terjadi pada saat fase Rapid Eye Movement atau yang biasa disebut REM. Pada fase ini sering ditandai dengan bergeraknya biji mata kekanan dan ke kiri. Dan hal itu menandakan bahwa orang yang sedang dalam fase ini mengalami apa yang disebut sebagai mimpi. Dan memang kebanyakan, mimpi terjadi pada fase ini.

Nah, ada beberapa sebab kenapa manusia mengalami mimpi buruk. Diantaranya :

  1. Kecemasan dan Stres – Kecemasan dan Stres ini kebanyakan dialami oleh orang yang mengalami kejadian traumatik dalam hidupnya. Orang2 yang mengalami sakit berkepanjangan atau baru saja melakukan operasi besar, atau orang2 yang menjadi saksi dari sebuah kejadian menakutkan, kehilangan seseorang yang dicintainya, mampu memicu kecemasan dan stres yang berujung pada seringnya mengalami mimpi buruk. Demikian yang diungkapkan oleh International Association of Studi of Dream (IASD). Tapi dijaman sekarang, tidak hanya kejadian traumatik saja yang mampu memicu terjadinya mimpi buruk. Stres karena kerjaan, kondisi finansial dan masalah pribadi lainnya bisa menjadi pemicu mimpi buruk.
  2. Makanan Pedas – Oops! Bagaimana bisa? Begini…sebuah studi kecil yang diterbitkan oleh Journal Of Psychophysiology mengatakan bahwa makanan mampu mempengaruhi tidur kita. 2 kelompok yang terdiri dari orang yang diminta untuk makan makanan pedas dan yang tidak sebelum tidur. Hasilnya, pada kelompok orang yang makan makanan pedas sering terbangun dimalam hari dan mengalami kualitas tidur yang buruk. Setelah dianalisa, mungkin ini ada hubungannya dengan meningkatnya suhu tubuh selama tidur karena makanan pedas tadi dan berakibat pada terganggunya tidur. Selain itu juga bisa diambil kesimpulan bahwa orang yang makan berat sesaat menjelang tidur sering mengalami mimpi. Hal ini berhubungan dengan meningkatnya metabolisme dan ritme gelombang otak selama tidur yang akan memicu terjadinya mimpi, bahkan yang buruk sekalipun.
  3. Kandungan lemak dalam makanan – Semakin banyak lemak yang dikonsumsi selama sehari, semakin besar pula potensi orang untuk mengalami gangguan tidur karena mimpi buruk. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan organik mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi junk food. Dan para ahli terapi hipnotis juga setuju bahwa ada jenis2 makanan tertentu yang berefek tidak baik pada kualitas istirahat kita dimalam hari.
  4. Alkohol – (thanks God saya tidak konsumsi barang satu ini) – Alih2 mengkonsumsi alkohol untuk menekan stres, dengan memudahkan tidur, yang terjadi selanjutnya malah orang yang mengkonsumsi alkohol sering terbangun lebih awal dan jika mereka meminumnya dalam jumlah banyak, yang seringnya terjadi malah mereka akan sering mengalami mimpi buruk yang berulang.
  5. Obat2an – Beberapa jenis obat anti-depresan dan narkotika bisa menyebabkan mimpi buruk. Masih dari Journal Psychophysiology dilaporkan bahwa obat2 anti-depresan seperti Ketamine (yang biasa digunakan untuk pembiusan) dapat menyebabkan mimpi buruk. Sama halnya dengan obat anti-malaria yang bisa menyebabkan kualitas tidur menurun karena mimpi buruk.
  6. Kondisi fisik karena sakit – Beberapa penyakit seperti demam dan flu dapat memicu terjadinya mimpi buruk. Begitu juga dengan gangguan tidur seperti Apnea dan Narcolepsy, juga bisa menjadi penyebabnya.

Well, mungkin yang namanya mimpi itu bisa terjadi karena banyak hal. And i agree with that. Tapi yang pasti, bantuan profesional memang diperlukan apabila gangguan tidur sudah menjurus kepada gangguan fisik dan mental.

Setidaknya dengan menghindari keenam pemicu diatas bisa memberikan hasil yang signifikan pada kualitas tidur kita dimalam hari. Karena tentu saja tidur adalah sebuah kebutuhan dan kurang tidur bisa memberikan efek yang tidak baik pada fisik dan mental kita.

Semoga mulai malam nanti, saya bisa tidur lebih nyenyak. Seleep tight everyone dan jangan lupa berdoa.

“Bismika Allohuma Akhya Wabismika Ammut”

🙂 XOXO,

Toekang Roempi

4 thoughts on “Penyebab Mimpi Buruk

  1. saya heran ma diri z,, krena keseringan mimpi,, baik buruk maupun tidak,,, entahlah penyakit pa… dan ni biasa di bilang tiap hari😥 z dibuat resah GoD😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s