Virus Komputer Terbaru : Downadup/conficker

Hati2 dengan virus komputer yang satu ini. Worm dengan julukan Downadup atau Downadup,Kiddo! Dan biasa juga disebut sebagai Conficker.

Penyebaran virus itu melalui USB dan mampu menyerang sistem kerja komputer jaringan.

Saat ini dilaporkan 3,5 juta komputer terinfeksi virus ini hanya dalam 4 hari penyebarannya saja, dan akan meningkat menjadi 9 juta komputer dalam beberapa waktu ke depan. Prediksi dari para ahli, angkanya bisa mencapai 15-20 juta komputer.

Cara kerja penyebaran dari virus ini adalah ketika kita mengaktifkan USB, dalam kotak Auto Run terdapat 2 perintah “”OPEN FOLDER TO A FILES”. Dimana salah satunya adalah “perintah tipuan” yang akan mengaktifkan virus tersebut apabila di klik. Biasanya letaknya adalah diatas yang asli. (jadi 2 perintah ini berurutan- dan yang diatas adalah yang palsu).

Untuk membersihkan virus dari komputer ini konon kabarnya tidak mudah karena memang tipe Worm memang seperti itu adanya. Mereka bisa dengan mudah menembus jaringan2 komputer dengan menggandakan diri secara cepat.

Cara yang paling aman untuk menghindari virus ini adalah dengan tidak mengaktifkan “AUTO RUN/AUTO PLAY” pada komputer anda, sehingga tidak muncul kotak perintah tersebut pada saat pertama kali mencolokkan USB ke komputer anda.

Jangan gunakan fasilitas AUTO RUN, buka secara manual saja file yang ingin anda buka lewat browse, atau yang paling aman adalah jangan gunakan USB tersebut. Dan para ahli menyarankan untuk tetap mengupdate windows kita via Windows Update.

Untuk pertolongan pertama kali, gunakan anti virus standart tapi kalo misalkan nggak bisa juga, anda bisa klik disini untuk mendapatkan info “Anti Virus” yang bisa diunduh. baca artikelnya dan dibagian bawah ada link “removal tool” yang bisa di klik.

Selamat mencoba dan semoga komputer kita terlindung dari Worm Downadup yang terkutuk.

XOXO,

Toekang Roempi

13 thoughts on “Virus Komputer Terbaru : Downadup/conficker

  1. Not only can this virus disrupt your PC, since it can disable your ability to connect to software update sites it leaves you vulnerable to even more malware. You need to do more than simply disable Autorun if you already have this virus! Tools and links to help fix are available at http://www.downadup.com

    • Wah….sdr. Hasan, saya ndak tahu…saya cuma menulis terjemahan artikelnya saja, tapi bukan orang IT yang pinter ngurusin virus kompi. Mohon Maaf..hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s