Indian Head Rock Yang Jadi Rebutan

Ini adalah artikel yang menarik lainnya dari Yahoo!

Sebuah bongkahan batu seberat 8 ton yang disebut sebagai Indian Head Rock saat ini menjadi rebutan 2 negara bagian di Amerika Serikat – Ohio dan Kentucky.

"indian Head Rock"
“indian Head Rock”

Sekilas, Indian Head Rock hanya seperti bongkahan batu besar seukuran Vokswagen biasa, tapi menjadi luar biasa penting ketika arkeolog mengungkapkan bahwa Indian Head rock bukan bongkahan batu biasa, tapi cukup bersejarah. Dan pernyataan tersebut muncul di jurnal arkeologi.

Di hampir seluruh permukaan bongkahan batu tersebut, berisikan coretan-coretan yang hanpir sebagian besar tidak terbaca, dan sebagian lainnya jelas terlihat. Bahkan diatas batu tersebut terdapat gambar Charlie Brown, salah satu tokoh kartun terkenal di amerika.

"Charlie Brown's Face"
“Charlie Brown’s Face”

Sebelum dinamakan Indian Head Rocks, batu tersebut bernama Portsmouth Indian Head Rocks, merujuk pada bentuk depan batu tersebut yang menyerupai senyuman lebar dan kota tempat batu tersebut pertama disimpan.

Masalah perebutan bongkahan batu bersejarah ini dimulai tahun lalu ketika Indian Head Rocks diangkat dari Ohio River. Sekedar gambaran saja bahwa sungai ini berada ditengah2 kedua negara bagian tersebut. Satu sisi sungai berada di Ohio dan lainnya ada di Short Shore Kentucky. Dulunya batu ini berada dikedalaman 60 kaki didalam sungai sampai kemudian berhasil diangkat.

proses menemukan batu itu pada awalnya memang cukup susah. Batu tersebut tersembunyi didasar sungai selama hampir lebih dari satu dekade, dimana sejak 1920, pembangunan bendungan disana dimulai.

Tokoh penting dari drama perebutan batu ini adalah steve Shaffer, seorang sejarawan yang pada waktu kecil membaca cerita tentang Indian Head Rocks ini. Dia bersumpah untuk menemukannya. Bersama dengan para koleganya dia melakukan penyelaman untuk menemukan relik bersejarah ini, sampai akhirnya batu tersebut diangkat dan didonasikan ke Portsmouth, itulah juga dinamakan Portsmouth Indian Head Rocks.

Walikota Portsmouth menyadari bahwa sebenarnya Ohio River – tempat ditemukannya batu ini tahun lalu – terletak di kentucky dan menawarkan batu ini untuk diletakkan di Short Shore saja. Tapi tampaknya mereka tidak tertarik dengan keberadaan Indian Head Rock ini, jadi batu tersebut tetap berada di Portsmouth, ohio.

Sampai kemudian pemerintah negara bagian Kentucky terlibat dalam hal ini, dimana mereka mengeluarkan pernyataan lewat Jaksa Wilayah Kentucky jack Conway yang menuntut batu itu dikembalikan ke Kentucky.

Conway bilang benda tersebut adalah benda antik milik negara bagian Kentucky dan sudah seharusnya tetap berada di kentucky.

Namun ohio menolak untuk memberikan Indian Head Rock. Bahkan sempat melibatkan pasukan tentara negara bagian Ohio segala.

Shaffer memang tidak membicarakan hal ini lebih lanjut ke media, karena memang mengambil bongkahan batu tersebuut dari Ohio River bisa menempatkan dia pada posisi sulit yang berkaitan dengan hukum. Dia dan teman2nya yang terlibat dalam pengangkatan batu tersebut juga sedang menghadapi tuntutan ganti rugi.

Masih belum jelas bagaimana nasib Indian Portsmouth selanjutnya, yang pasti saat ini, bongkahan batu besar tersebut ditempatkan disebuah tempat yang tak terduga.

Disebuah sudut ruang garasi di Porstmouth.

XOXO,

Toekang Roempi

PS : The story was translated from here. and so the pictures. News is written by Fred Kight on Morning Edition.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s