Krisis Ekonomi Global : Dan Para Model Pemula Pun Kena Imbasnya

Punya fisik yang oke memang menyenangkan. Ganteng, Cantik, Tinggi, Putih, item tapi eksotik, menjadi magnet bagi kesenangan dan kemakmuran (sebagian besar memang begitu). Dan mungkin menjadi model juga menjadi salah satu cita2 dari orang2 yang memang punya “modal”.

Memakai rancangan dari desainer ternama dengan tanpa bayar, berkeliling dunia, menjadi terkenal karena wajahnya ada dimana-mana, menjadi alasan kenapa banyak remaja pria maupun wanita berkeinginan untuk menjadi model.

Tapi saat ini, model hanyalah sebuah pekerjaan yang sama terancamnya dengan industri lain.

Sebuah artikel dari Yahoo! menggambarkan betapa industri fashion dunia juga terkena imbas dari krisis keuangan global. Dan diantara mereka yang terkena adalah model2 pemula.

Jangan dikira mereka juga tidak khawatir. Model2 baru dari belahan Balkan sana, yang mengadu nasib di Eropa menuturkan, bahwa krisis finansial global memaksa mereka menurunkan tarif hingga setengah harga dari yang biasa mereka terima.

"stksave27 from flickr.com

"stksave27 from flickr.com

Ini adalah sebuah konsekuensi yang harus diterima apabila masih ingin eksis dan mendapatkan pemasukan. Wajah2 mereka bisa terlihat cantik dan sumringah, tapi didalam sana, mereka juga khawatir seperti kita.

Para desainer top saat ini lebih memilih model profesional ketimbang wajah2 baru yang belum terkenal, dan ini membuat persaingan menjadi semakin ketat. Hal itu juga yang membuat para model pendatang baru ini rela memotong tarif mereka demi kontinuitas order.

Para model mengatakan bahwa krisis ini juga memaksa mereka untuk lebih giat dan kreatif dalam mencari pemasukan. Namun jika memang tidak bisa survive juga, mereka sudah punya ancang2 untuk pulang kampung dan meneruskan sekolah mereka disana….hmmm…sebuah cita2 yang cukup mulia menurut saya, dimana pendidikan itu memang salah satu modal utama ketimbang hanya sekedar wajah cantik.

Krisis oh krisis…bisa menimpa siapa saja bukan?

XOXO,

Toekang Roempi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s