Antara KFC dan Penyetan…

Ketika saya membaca artikel dari Yahoo! ini, saya tidak bisa berhenti tertawa. Bukan karena lucu, tapi karena memang ada sesuatu yang menggelitik syaraf tertawa saya.

Konyol, tapi masuk akal.

Ok, saya akan kasih tahu artikel apa itu.

Jadi ceritanya, sebuah resep rahasia dari Kolonel Sanders, berhasil kembali dengan selamat setelah “berhiatus” di sebuah tempat yang dirahasiakan, sementara markas besar KFC di Louisville, Kentucky mengalami perbaikan ditingkat keamanan tempat resep rahasia tersebut selama ini disimpan.

Selama disembunyikan, resep tersebut berada didalam kotak dengan gembok khusus dimana orang tidak bisa membuka resep tersebut.

Presiden KFC Roger Eaton merasa lega ketika selembar kertas kuning berisikan resep asli KFC yang ditulis dengan pensil oleh Kolonel Harland Sanders berhasil diletakkan kembali ke tempat asalnya dengan pengamanan maksimum.

Pengamanan tersebut meliputi sebuah ruangan yang dilapisi beton tebal yang dilengkapi dengan detektor gerak, dengan kotak pengaman yang dikunci dengan menggunakan kombinasi tertentu.

Resep itu sendiri terdiri dari 11 bumbu rahasia Kolonel Sanders yang menyebutkan bahan2 pembuatan tepung plus dengan ukuran yang tepat yang konon kabarnya membuat ayam produksi KFC terasa sama dimanapun dia dijual – (ah, biasa aja rasanya…asin!)

"bucket wings"

"bucket wings"

Saking rahasianya, hanya 2 orang yang pernah membaca resep tersebut, itupun nama mereka dirahasiakan oleh pihak KFC.

sebenarnya seberapa penting sih resep tersebut sampai harus diperlakukan sedemikian rupa?

Pakar marketing Thomas P Hustad, seorang profesor Marketing dari Universitas Kelley School of Bussiness menyebutkan bahwa resep rahasia itu menjadi begitu penting karena peranannya sebagai inti dari bisnis penjualan ayam goreng KFC itu sendiri. Bersama dengan pendirinya Harland Sanders, resep tersebut menjadi sebuah imej yang sangat penting yang akan membuat para konsumen percaya bahwa ayam2 yang dijual KFC bermutu tinggi.

KFC sendiri berawal dari Kolonel Harland Sanders yang memulai bisnis ayam tepungnya pada tahun 1940. dari resep rahasia tersebut, bisnis KFC mulai dirilis pada tahun 1950-an. sampai dengan sekarang KFC berhasil menjadi pemimpin pasar dari penjualan ayam goreng tepung diseluruh dunia. Sampai dengan tahun 2008 saja gerai KFC sudah mencapai 15.580 gerai termasuk diantaranya 5253 berada di Amerika serikat. Kolonel Harland Sanders sendiri wafat pada tahun 1980.

Saya geleng2 kepala ..sampai ketawa-tawa mengingat betapa mereka memperlakukan resep rahasia itu seperti sesuatu yang mampu menyelamatkan dunia. Huahahaha…

Tapi untuk orang bisnis, resep rahasia itu memang menjadi kunci yang luar biasa penting. Bayangkan, jika resep itu berhasil dicuri oleh orang lain dan digunakan untuk mengembangkan bisnis yang sama, saya rasa Kolonel Harland Sanders akan menangis dikuburnya…

(padahal kalau menurut saya, resepnya paling juga cuma gitu2 doang..)

Ya, yang pasti sih tidak bisa dipungkiri, seperti apa kata profesor Thomas bilang, resep itu menjadi “inti” dari bisnis KFC, kita sudah ter-mind set bahwa ayam goreng KFC enak karena resep itu.

Padahal menurut saya…ayam goreng KFC terasa enak…karena kita memakannya dalam keadaan lapar…

AAAAaaaaah….ayam goreng KFC gitu2 aja sih tapian, enakan penyetan pengkolan Sastra UNDIP! Yang begitu krispi…manis…dan GUEDHE!!

Tapi sudah tiga hari ini nggak jualaaaaaaaaaaaaaannnnn!!!!

WhUAAAAAAAAA!!!

PENYETAN SEMAKIN KAU KEMPROH SEMAKIN KAU ENAK…

Aku Rindu padamuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!!!!!

XOXO,

Toekang Roempi

4 thoughts on “Antara KFC dan Penyetan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s