5 Fakta Tentang “Friday The 13th”

'Friday the 13th"

'Friday the 13th"

Banyak orang yang percaya bahwa Jumat tanggal 13 adalah hari yang sial. Well, kalau begitu, tahun 2009 akan menjadi tahun yang sial juga, secara tahun ini jumat tanggal 13 bakalan ada sebanyak 3 kali.

Yang pertama adalah bulan lalu, coba dicek, dan yang kedua adalah hari ini, dan ketiga akan jatuh pada bulan november mendatang. Dan tahukah anda bahwa keadaan ini terjadi setiap 11 tahun sekali?

Banyak orang yang penasaran dengan asal-usul mitos tentang keberadaan Friday The 13th atau Jumat Tanggal 13, sementara sebagian yang lain menjadikan tanggal ini sebagai lelucon belaka – alih-alih mereka tidak percaya dengan takhayul.

Tapi tidak ada salahnya juga mencari tahu kenapa ada kepercayaan bahwa Jumat tanggal 13 adalah hari sial – bagi yang percaya. Kalau menurut injil, 13 dilambangkan dengan tamu ke 13 pada saat jamuan terakhir bersama Yesus, sementara di abad pertengahan hari Jumat dan angka 13 selalu dihubungkan dengan kesialan.

Dan berikut ini adalah 5 fakta tentang Friday The 13th atau Jumat tanggal 13 :

  1. Ketakutan atau fobia terhadap Jumat tanggal 13 punya istilah sendiri yaitu paraskavedekatriaphobia atau disebut juga friggatriskaidekaphobia. sedangkan phobia terhadap angka 13 dikenal juga dengan istilah Triskaidekaphobia.
  2. Banyak rumah sakit tidak punya kamar dengan nomer 13, sementara banyak gedung tinggi melewatkan nomer 13, dan bandar udara tidak punya “gate” nomer 13
  3. Presiden Amerika Franklin D Roosevelt tidak akan pergi pada tanggal 13 setiap bulannya dan tidak akan menjamu 13 orang tamu dalam setiap kali acara santap bersama. Sementara tokoh dunia yang takut terhadap angka 13 adalah Napoleon Bonaparte dan Presiden Herbert Hoover.
  4. Jaman dulu, penyair Mark Twain pernah akan menghadiri sebuah jamuan makan malam dengan 13 orang tamu. Temannya mengingatkan untuk tidak pergi, tapi Mark bilang “hanya ada 12 hidangan yang disajikan”..entah apa maksudnya. Yang pasti di Paris, dikenal istilah “Quatorzieme” yaitu seseorang profesional yang disewa khusus untuk menggenapi sebuah jamuan apabila disadari, ada 13 orang yang hadir dalam jamuan tersebut.
  5. Angka 13 memang ditakdirkan untuk dikucilkan. Beberapa ahli menghubungkan dengan keberadaan angka 12. Bahwa 12 adalah ideal. Dilambangkan dengan 12 bulan dalam setahun, 12 tanda zodiac, 12 dewa di gunung Olympus – dalam kepercayaan Yunani, 12 Pekerja dari hercules, 12 suku di israel, 12 murid Yesus, 12 hari perayaan Natal bagi umat kristiani dan 12 jumlah dalam 1 lusin.

Wah…rumit juga ternyata ya? kalau berurusan dengan mitos. Tapi percaya boleh tidak juga boleh. Kalau buat saya sih, fakta tentang Friday The 13th adalah :

  • Filmnya Jason…judulnya Friday The 13th.
  • Serial jaman dulu – Friday The 13th. Saya ingat trio pengumpul benda2 bertuah. ada Jack, ryan dan Micky. Duh, kangen nonton itu lagi.
  • alamat email teman saya…freddiethe13th…😀 ada-ada saja…

XOXO,

Toekang Roempi

PS : Artikel diterjemahkan dari sini

One thought on “5 Fakta Tentang “Friday The 13th”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s