Tanda-Tanda Komputer Kena Virus

Ada artikel bagus nih dari Yahoo! walau saya ini bukan orang yang getol dengan komputer dan pintar dibidang ini, tapi berbagi informasi kan juga nggak ada salahnya. Ya nggak? Kali ini masih soal virus komputer yang semakin banyak saja macamnya. Dan semakin kesini, virus komputer tidak lagi bertujuan merusak, tapi justru lebih dari itu, mencuri data penting dari si pengguna melalui beberapa cara.

Hari gini, virus komputer yang dikirimkan oleh pihak-pihak tertentu tidak menyebabkan kerusakan sistem sampai komputer mati total, tapi justru menyerang ke bagian-bagian vital seperti mencuri data penting dari si pengguna, dimana teknisnya si Pengguna ini akan dibawa ke sebuah situs palsu yang membutuhkan nomer kartu kredit, dimana akhirnya data ini dicuri dan digunakan tanpa sepengetahuan pemiliknya. Selain itu virus juga membuat komputer kita akan terus dikirimi spam atau iklan yang tidak kita inginkan.

Berikut ini adalah tanda-tanda yang menurut para ahli sering muncul pada saat komputer terserang virus :

  • Belakangan kita menemukan bahwa kinerja komputer kita melambat, ini salah satu tanda bahwa program berbahaya sedang menyusup ke dalam sistem komputer kita
  • secara kontinyu kita sering mendapatkan iklan pop-up yang terus muncul dan tidak mau pergi ketika kita “usir”, ini adalah tanda bahwa kita sudah terkena “adware” dan kemungkinan besar virus juga sudah menyerang komputer kita
  • Kita akan diarahkan ke sebuah situs yang tidak kita inginkan pada saat kita mencari lewat search engine. Ini juga salah satu tanda kalau hacker sudah menyerang komputer kita.

Lalu apa yang harus kita lakukan?

Memasang anti virus di komputer kita dirasa cukup membantu untuk mendeteksi adanya program yang berbahaya dan menon aktifkannya. Kalau misalnya program tersebut tidak terdeteksi banyak vendors – penyedia anti virus yang mempunyai program yang bisa dicoba. Dan banyak dari vendors tersebut menyediakan jasa “pembersihan” secara online dan tidak berbayar. Para ahli juga menyarankan, apabila anti virus sudah tidak berfungsi, kita perlu menginstall ulang Sistem Operasi komputer kita, karena bisa saja program berbahaya tersebut masih tersimpan dalam komputer kita, dan jangan lupa juga untuk membuat data cadangan / back up.

Lalu bagaimana mengetahui apakah data pribadi yang penting telah tercuri?

Memang agak susah untuk mengetahui apakah data penting kita telah tercuri atau tidak. Yang pasti banyak virus yang menyerang komputer kita hanya membuat kita dibanjiri iklan-iklan nggak penting dan mengarahkan kita ke situs-situs yang sama nggak pentingnya. Yang pasti sih kita bisa memanfaatkan anti virus yang disediakan beberapa vendors sekaligus memanfaatkan layanan mereka, seperti “extensive database” yang akan membantu kita dengan segala informasi yang kita butuhkan seputar cara menangani virus komputer yang menginfeksi dan beberapa tips tentang apa yang harus dan tidak boleh kita lakukan.

Semoga bisa membantu

XOXO,

Toekang Roempi

3 thoughts on “Tanda-Tanda Komputer Kena Virus

  1. Lindungi aja Komp qt pake Spyware Terminator

    Quick specs
    Price: Free
    Operating system: Windows 2000/XP/Vista/7
    Date added: May 25, 2010
    Total Downloads: 1,938,149
    Downloads last week: 3,590
    Product Ranking: #13 in Spyware Removers
    Download now —>> http://uploading.com/files/e77125ea/SpywareTerminatorSetup.exe/

    This spyware scanner and removal tool does the job, but enabling some functions may cause slight slowdowns.

    Spyware Terminator’s crisp, clean interface uses simple buttons and tabs to operate and set options. The latest spyware signatures are automatically downloaded, and the real-time protection keeps baby-sitting to a minimum. Real-time protection monitors key spyware types and Windows objects, though slight system slowdowns depend on your machine. Those features and the simple scheduler will make this app appealing to novices.

    Advanced users will appreciate Spyware Terminator’s flexibility. Setting the sensitivity of various scans is as easy as moving a slider. Experienced users will want to enable the built-in antivirus tool, which extends the power of real-time analysis by comparing program code against a database of known viruses, Trojans, and worms.

    From set-it-and-forget-it users to those delving into virus code, all will find Spyware Terminator flexible, simple, and effective, key measures of a good antispyware tool.

    Download now —–>>> http://uploading.com/files/e77125ea/SpywareTerminatorSetup.exe/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s