You Don’t Mess With The Zohan – Film Ga Penting Dengan Pesan Penting

Sumpah ini film nggak penting banget!

Sebenarnya saya sudah pernah ingin membeli DVD bajakannya, tapi saya urung karena saya rasa film ini bukan jenis film yang “collectible”. Dan ternyata saya benar. Didorong oleh rasa penasaran dan cerita dari dila – teman saya, saya meminjam fim You Don’t Mess With The Zohan, yang dibintangi oleh Adam Sandler dan Emmanuelle Chiruqui.

Ceritanya sih tentang Israel dan Palestina yang selalu berseteru. Pihak Israel diwakili oleh Zohan dan pihak Palestina oleh Phantom –  yang bernama asli Fathous.

Zohan dan Phantom adalah musuh bebuyutan yang selalu berperang – merepresentasikan bagaimana israel dan palestina berseteru. Namun, keduanya ternyata menyimpan mimpi-mimpi pribadinya. Phantom yang punya mimpi membuka gerai waralaba makanan cepat saji dan Zohan yang punya mimpi menjadi penata rambut.

zohan1Phantom berhasil di negaranya, memulai bisnis impiannya, setelah dia berhasil membunuh Zohan dalam suatu duel di sebuah danau – dimana nyatanya Zohan pura-pura mati agar bisa keluar dari Israel dan mengejar impiannya – membuat orang-orang menjadi “silky and smooth”.

Ternyata, keduanya dipertemukan lagi di Amerika – tanah kebebasan. Dalam satu komunitas Palestina – Israel yang berdampingan, mereka akhirnya bekerja sama.

Film ini memang film yang sangat tidak penting dari segi cerita. Hanya mengumbar humor-humor kasar, dengan tema yang sensitif, tapi dibalik itu, sebenarnya ada pesan yang ingin disampaikan bahwa sebenarnya perdamaian itu penting. Selain itu digambarkan bahwa sebenarnya musuh sesungguhnya dari konflik Palestina dan Israel adalah amerika itu sendiri. Yang dalam hal ini diwakilkan oleh tokoh Wallbridge -seorang tuan tanah yang ingin mengadu domba komunitas israel dan palestina.

Well, tema film ini memang sensitif, tapi Hollywood memang bisa membuat apa saja menjadi tema sebuah film bukan?

Warning when u wanna watch diz movie : jangan nonton bareng sama ibu anda, apalagi yang udah tua…tidak disarankan…

XOXO,

Toekang Roempi

One thought on “You Don’t Mess With The Zohan – Film Ga Penting Dengan Pesan Penting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s