Ditemukan Bahan Berbahaya Dalam Shampo Bayi

"baby's"

"baby's"

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh laboratorium independen menemukan adanya bahan berbahaya dalam sampo bayi. Bahan tersebut adalah Formaldehida yang biasanya digunakan untuk pengawetan mayat.

Dari 28 jenis produk sampo bayi, 23 diantaranya mengandung formaldehida. sebuah studi yang terkait dengan bahan tersebut menyatakan bahwa formaldehid adalah salah satu bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker, sinus, dan leukimia.

Sementara bahan lain yang berhasil ditemukan dalam sampo bayi yang diteliti adalah 1,4-dioxane, sebuah bahan penghasil busa yang dipercaya mampu menyebabkan kanker pada manusia. Dari 48 jenis sampo yang diteliti 67% produk tersebut mengandung bahan yang dimaksud.

1,4-dioxide dilarang penggunaannya di Eropa, sementara Formaldehid dibatasi penggunaannya. Tapi di Amerika Serikat, penggunaan kedua bahan tersebut tidak diatur secara hukum.

Produk yang disinyalir mengandung kedua bahan tersebut diantaranya adalah Johnson’s Baby Shampoo,L’oreal Kids Extra Gentle 2 in 1 shampoo dan Kandoo foaming Soap.

Stacy Malkan dari Campaign for Save Cosmetics mengatakan, jika bahan-bahan tersebut saja mampu menyebabkan kanker pada hewan, sudah seharusnya bahan kimia tersebut digunakan pada kulit kepala bayi.

Tapi hasil penelitian tersebut ditentang oleh Personal Care Product Commision yang menuduh bahwa penelitian itu palsu dan memanfaatkan ketakutan orang tua.

Well, nggak tahu mana yang benar mana yang salah…tapi jaman sekarang…mana ada sih bahan kimia yang aman digunakan untuk manusia? Yang aman itu ya yang alami. Betul nggak?

artikel diterjemahkan dari UK.NEWS.YAHOO

XOXO,

Toekang Roempi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s