Peduli Lingkungan Di Earth Hour

"save!"

"save!"

Hari ini, hari sabtu tanggal 28 maret 2009, semua orang – yang peduli dan mengerti tentunya – akan berpartisipasi dalam sebuah program serentak yang diselenggarakan di seluruh dunia, dalam rangka peduli lingkungan dengan menghemat energi selama 1 jam, di Earth Hour.

Program ini akan mengajak penduduk bumi yang peduli dan sadar akan arti pentingnya energi bagi kehidupan kita, dengan mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai, selama 1 jam pada hari ini di waktu lokal, yaitu pukul 20.30-21.30.

Ini adalah sebuah kesempatan yang sangat bagus untuk ikut berpartisipasi dalam langkah konservasi energi bumi. Sebuah langkah yang cukup bagus untuk mempraktekan dan sekaligus belajar untuk membiasakan, menghemat energi. Gerakan ini adalah yang ketiga kalinya diselenggarakan di seluruh dunia.

Berawal dari Australia dengan disponsori oleh WWF (world Wildlife Fund) dimana semua orang bisa berpartisipasi. Setidaknya sebanyak 2400 kota dari 82 negara secara resmi telah ikut bergabung dengan gerakan ini dan 195 kota diantaranya terletak di Amerika Serikat.

Jutaan rumah dan industri di Amerika sepakat mematikan lampu yang tidak terlalu urgent dipakai selama 1 jam, dan beberapa tempat penting juga akan terlihat gelap hari ini. Sekaligus juga sebagai pesan untuk pemimpin politik yang akan menghadiri konferensi perubahan iklim pada desember tahun ini.

beberapa tempat penting di dunia yang akan mematikan lampunya adalah The Empire State Building in New York City, the Eiffel Tower in Paris, the St. Louis Gateway Arch, the Sydney Opera House, the Sears Tower in Chicago, Seattle’s Space Needle, the Great Pyramids and Sphinx in Egypt, the Golden Gate Bridge in San Francisco, and Broadway theater marquees in New York City. Selain itu Las Vegas yang terkenal nyala dan hingar bingar juga akan ikut serta dalam gerakan ini.

Walaupun dalam keadaan gelap, para pakar mengatakan, kita tetap bisa beraktifitas. Beberapa ide yang menarik diantaranya adalah menggantikan lampu dengan lilin. Kita bisa makan malam dalam temaram cahaya lilin, atau bisa main kartu di dekat perapian, bahkan bisa berpiknik di bawah taburan bintang. What a romantic, isnt it?

Yang pasti, satu gerakan yang sederhana saja, efeknya mampu memberikan kita keuntungan yang luar biasa. Konsumsi listrik jadi lebih sedikit, dan tagihan listrik pun akan semakin kecil, dan kita bisa berhemat?

Ayo, kurangi pemakaian energi listrik sekarang juga. Matikan lampu yang tidak penting, matikan alat elektronik yang tidak terpakai, dan mulai konservasi energi sekarang juga.

XOXO,

Toekang Roempi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s