Minum Teh Panas Bisa Menyebabkan Kanker

"hot!"

"hot!"

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa meminum teh dalam keadaan panas bisa meningkatkan resiko penyakit kanker tenggorokan – atau oesophageal cancer 8 kali lebih tinggi.

Peringatan akan meningkatnya resiko kanker jenis tersebut diungkapkan setelah sebuah penelitian di Iran bagian Utara dimana orang2 disana sering meminum teh dalam keadaan panas, dengan suhu lebih dari 70 derajat.

Provinsi Golestan di Iran Utara menjadi salah satu dari wilayah di dunia yang tingkat penderita kanker tenggorokan tertinggi didunia padahal penduduknya tidak banyak merokok dan sedikit minum alkohol.

Para peneliti melakukan riset terhadap 300 orang yang didiagnosis menderita kanker tenggorok dan sebuah grup yang berisi 571 orang yang sehat dan menghubungkannya dengan kebiasaan minum mereka.

Hampir semua subjek meminum teh hitam lebih dari 1 liter per hari. Dan yang membedakan dari kedua kelompok tadi adalah orang-orang yang meminum teh dengan suhu panas, akan meningkatkan resiko terserang penyakit kanker tenggorokan.

Sebenarnya memang tidak ada hubungan langsung antara minum teh dengan kanker, faktanya malah teh adalah pencegah kanker yang cukup ampuh, tapi para ahli memang menyarankan untuk kita sedikit bersabar dan memberi jeda waktu sejak menyeduh hingga meminum teh.

Setidak-tidaknya kita membiarkan suhu air menjadi turun terlebih dahulu sehingga menurunkan resiko luka tenggorokan akibat air teh yang terlalu panas.

Ok, tea, people?

Translated by Toekang Roempi from yahoo.co.uk

XOXO,

Toekang Roempi

One thought on “Minum Teh Panas Bisa Menyebabkan Kanker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s