Warga Desa Di Inggris Marah Dan Hentikan Mobil Google Map

Karena khawatir, warga sebuah desa di Inggris marah dan memblokade sebuah mobil milik Google yang sedang berkeliling. Google Street Car itu di berhentikan oleh warga dengan alasan kegiatan yang dilakukan oleh Google tersebut akan mendorong terjadinya tindak kriminalitas di desa tersebut.

Salah seorang warga desa tersebut, Paul Jacobs memperingatkan warga lainnya untuk menghentikan mobil yang dia lihat dari jendela rumahnya di Broughton Buckinghamshire selatan Inggris pada rabu pekan kemarin.

Sebenarnya, mereka tidak ada masalah dengan kegiatan yang dilakukan oleh Google tersebut, tapi yang jadi masalah adalah mobil tersebut mengambil gambar secara langsung dari rumah ke rumah. Paul mengatakan, selama beberapa pekan terakhir, sudah terjadi 3 tindak pencurian, dan dikhawatirkan, publikasi yang dilakukan oleh Google akan mendorong makin banyaknya tindak kriminal di daerah itu.

Jacob dan beberapa warga lainnya menghubungi polisi dan setelah polisi tiba di tempat itu, mobil tersebut telah pergi.

The Google Srteet View adalah sebuah proyek pemetaan jalan yang bertujuan memberikan informasi detil tentang jalan-jalan yang ada di Inggris. Proyek ini diluncurkan bulan lalu di Inggris dan sudah mendapatkan banyak kritik salah satunya dari Privacy International, sebuah asosiasi yang melakukan langkah hukum untuk melawan perusahaan tersebut. Namun Google yakin bahwa proyeknya tersebut tidak melawan hukum.

Juru bicara Google mengatakan sebelum meluncurkan proyek Google Street View, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak diantaranya adalah International Commicioner’s Office. ICO telah menyatakan bahwa proyek ini diijinkan untuk memberikan informasi bagi pengguna jalan tanpa mengganggu privasi dari penduduk yang tinggal di daerah sekitar.

Lebih lanjut, The Metropolitan Police di London mengatakan pada pihak Google bahwa mereka tidak melihat adanya hubungan antara Google Street View dengan tindak pencurian. Para pencuri itu sifatnya oportunis dan justru dengan proyek ini dapat membantu untuk memecahkan dan memetakan masalah pencurian di suatu area.

Sampai sekarang pihak Google menyadari bahwa akan ada selalu tantangan dalam segala hal, dan tidak terkecuali dengan proyek baru mereka, Google Street View.

Note from toekang roempi : Tak kenal maka tak sayang, dibuktikan dulu manfaat dan mudharatnya, kalau besar manfaatnya, lanjut…kalo tidak? ya..hajar saja! BTW,…memang serba salah, yang namanya pencuri itu memang luar biasa pintar dan oportunis. Jangankan dari orang yang tidak dikenal, orang2 disekitar kita juga bisa jadi pencuri. Hihihihi…

XOXO,

Toekang Roempi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s