Jalan Raya Paling Berbahaya Di Amerika

Bagi Anda yang sering bepergian, anda pasti banyak tahu rute-rute perjalanan yang menyenangkan. Tapi tidak jarang anda akan menemuka sebuah rute yang terkenal “berbahaya” bagi para pengguna jalan. Dimana saja, termasuk di Indonesia, ada beberapa jalur yang dikenal sebagai jalur maut. Entah itu karena kondisi jalannya, atau cerita-cerita yang berkembang seputar jalur tersebut.

Saya akan mengajak anda untuk mengunjungi rute-rute jalan raya yang dianggap paling menakutkan di Amerika. Hampir semuanya karena struktur jalan raya yang memang beresiko menimbulkan kecelakaan. Dan tulisan dari Joe Yorgest yang diambil dari Forbes Travellers ini mungkin akan menambah sedikit pengetahuan kita tentang gambaran rute yang harus dilalui oleh para pelancong di amerika. Berikut ini daftarnya.

  1. "big Sur"

    "big Sur"

    Highway One/Big Sur. Jalur ini disebut sebagai jalur yang cukup berbahaya dan menakutkan karena kondisinya. Bahkan Alfred Hitchcock sebagai sang Raja Film Thriller Suspense  pun dianggap tidak bisa membuat jalanan yang lebih mengerikan lagi daripada jalur yang satu ini. terletak di antara Monterey dan Teluk Morro, jalur ini disebut-sebut sebagai jalur yang bisa menyebabkan gangguan vertigo – setidaknya cukup membuat pusing para pengendara. Selain panjangnya, jalur ini juga berliku-liku sepanjang puncak tebing-tebing yang berada disekitar Pasifik. Ada 33 jembatan di jalur ini dan titik-titik pemberhentian yang tak terhitung jumlahnya. Para pengendara yang pelupa, disarankan untuk tidak melewati jalur ini.

  2. "saddle road"

    "saddle road"

    The Saddle Road – Big Island. Saddle Road membentang diantara 2 gunung besar dan padang batuan gunung, dan terkenal sangat buruk dan berbahaya. begitulah setidaknya para pemandu tur menggambarkan jalur yang berada diantara wilayah Hilo dan Waimea. Walaupun pada tahun-tahun terakhir ini jalur ini mengalami  pengembangan,  tapi masih banyak jalur sempit dan satu arah, yang juga diperburuk dengan adanya kabut tebal yang membahayakan.

  3. "independence pass"

    "independence pass"

    Jalur dari Pegunungan Aspen ke Leadville melalui Independence Pass. Jalan sepanjang 183 mil ini terkenal sebagai jalur yang paling keras, letaknya tinggi dan terpencil di daerah Amerika Utara. Perjalanan akan dimulai dari puncak setinggi 12,095 kaki yang terletak di Independence Pass,kemudian akan menyusuri jalur sempit di kilometer 82, selain sempit, jalur ini juga cukup membingungkan karena tidak adanya pemandu jalan. Jalur akhirnya dekat dengan Canon city termasuk tikungan pendek melalui Royal george Bridge yang menjulang setinggi 1,053 kaki diatas sungai Arkansas. jembatan ini dibangun pada 1929 dan dikenal sebagai jembatan dengan suspensi paling tinggi di seluruh dunia.

  4. "dalton"

    "dalton"

    Dalton Highway. terkenal sebagai jalur terpanjang di Amerika yang tidak menyediakan layanan apa-apa. Membentang sepanjang 414 mil, jalur ini memiliki banyak rintangan diantaranya adalah jalanan berkerikil, tanjakan curam, hewan-hewan berbahaya, dan kondisi cuaca yang menakutkan. Bagi para pelancong, jalur ini cukup menjengkelkan karena butuh waktu lama untuk bisa keluar dari sana.

  5. "US Higway 50"

    "US Higway 50"

    US Highway Kilometer 50. Disebut sebagai “jalanan paling sunyi”, dengan panjang 473 mil yang membentang diantara Hinckley, Utah dan Carson City nevada. Selain sepi, jalanan ini dikenal sangat mengerikan terutama ketika salju turun dan menutupi seluruh permukaan jalan, atau justru pada saat musim panas, dimana suhu bisa mencapai 3 angka pada derajat fahrenheit. Karena itulah Komisi Pariwisata Nevada menerbitkan sebuah panduan untuk mereka-mereka yang hendak melewati jalur US Highway 50 ini.

  6. "Dragon's Tail"

    "Dragon's Tail"

    Tail Of The Dragon. Terletak tepat dibawah Great Smoky Mountain National Park. Ekor naga yang berkelok-kelok ini membentang sepanjang 11 mil di US Highway kilometer 129 diantara jembatan Tapcap Tennesee dan Deals Gap. Bagi para pengendara yang melewati jalur ini harus bersiap-siap dengan 318 kelokan, dan banyak diantara mereka terasa begitu mengerikan, seperti kelokan yang berurutan dan berbentuk huruf “S” yang dinamakan sebagai The Slide.

  7. "state highway"

    "state highway"

    State Highway kilometer 170 di texas. Jalanan ini melintasi padang tandus dan menjadi latar film No Country For Oldmen yang syuting tidak jauh dari area tersebut. Kondisi jalanan yang sepi, hewan-hewan yang sering melintas dan banjir, sering menjadi ancaman pengendara yang melintasi jalur sepanjang 99 mil yang berada disisi sungai di daerah Lajitas dan Candelaria.

  8. "state route 16"

    "state route 16"

    Route 16. Salah satu jalur yang dianggap “suci” oleh para pengendara sepeda motor, tapi tidak begitu oleh para pelancong yang mengemudikan mobil. Route 16 berada diutara-selatan diantara Middlesbourne dan Grundy melalui jantung Virginia Barat. Berkelok, menyempit, berlubang, dan sempit, membuat para pengemudi harus selalu waspada. Lebih dari 50 mil diwilayah selatan jalan ini adalah bagian dari Coal Heritage Trail melalui pedalaman wilayah Appalachia.

  9. "beartooth"

    "beartooth"

    Beartooth. Jalan sepanjang 69 mil yang selesai dibangun pada 1939 ini termasuk yang tertinggi di daerah utara Pegunungan Rockies dan salah satu yang tertinggi diseluruh amerika. Melalui wilayah pegunungan, padang rumput dan beberapa puncak tebing dengan tinggi lebih dari 12 ribu kaki. Selama musim dingin jalanan ini akantertutup oleh salju tebal dan biasanya didaerah ini digunakan untuk bermain ski dan sebagai jalur snow mobile.

  10. "moki dugway"

    "moki dugway"

    Moki Dugway – Utah. Diambil dari kata Mokee – sebuah kata dari Spanyol untuk istilah Indian Pueblo. Moki Dugway adalah jalur berputar yang spektakular yang berada di kilometer 261 di sebelah utara Utah. Turunan Cedar Mesa, jalanan kerikil ini menurun setinggi 1,100 kaki hanya dalam jarak 3 mil menuju ke Valley Of God. Moki Dugway termasuk bagian dari “Trail Of The Ancients” dari National Scenic Byway.

Ya, itulah 10 jalanan yang dianggap paling berbahaya di Amerika Serikat. Kalau di Indonesia apa ya?

Artikel ini diterjemahkan oleh Toekang Roempi dari Yahoo! News dan Forbes Travel – gambar juga diambil dari situs tersebut.

Save ride ya’ll!

XOXO,

Toekang Roempi

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s