Ilmuwan Menemukan Gen Penyebab Kerontokan Rambut

Sebuah kabar bagus untuk Anda yang mengalami kerontokan rambut…sampai-sampai hampir botak. Ingat, botak, bukan gundul.

hairlossPeneliti di Jepang telah mengidentifikasi gen yang tampaknya berperan dalam kerontokan rambut pada tikus dan percaya bahwa gen ini juga bertanggung jawab terhadap kasus kerontokan rambut atau alopecia yang terjadi pada manusia.

Pada sebuah laporan yang diterbitkan di dalam jurnal “Proceedings Of the National Academy Sciences” ilmuwan menjelaskan bagaimana mereka mengumpulkan dan meneliti sekelompok tikus yang kekurangan gen yang bernama Sox21.

“Tikus-tikus itu mulai kehilangan bulu-bulu mereka mulai hari ke 11, dari kepala dan terus berlanjut hingga ke bagian belakang tubuh” begitu tulis mereka dalam jurnal tersebut.

Lebih lanjut mereka menambahkan “antara hari ke 20 dan hari ke 25, tikus tikus ini mulai kehilangan semua rambut-rambut di tubuhnya termasuk bulu-bulu sungut mereka. Tapi yang terjadi kemudian rambut-rambut itu tumbuh lagi beberapa hari kemudian, tapi tetap mengalami kerontokan rambut yang sama.”

Alopecia yang terjadi terus menerus berlanjut hingga 2 tahun lebih dan ilmuwan meneliti bahwa tikus-tikus ini mempunyai semacam lapisan minyak disekitar folikel rambut mereka yang terus menerus membesar, selain itu mereka juga mempunya lapisan sel kulit rambut yang semakin menebal selama periode kerontokan rambut tersebut.

“Gen ini tampaknya punya kemungkinan sebagai penyebab berbedanya dari sel batang rambut yang terbentuk dilapisan luar dari rambut” demikian terang Yumiko Saga,kepala divisi Pengembangan Mamalia di Institut Nasional bidang Genetik di Mishima jepang.

Ilmuwan berniat untuk meneliti contoh kulit manusia, dimana mereka juga menemukan bukti yang mengarah pada persamaan kejadian kerontokan rambut pada tikus, dan melibatkan gen yang sama.

“Kami mengkonfirmasi bahwa Sox21 juga berperan dibagian kutikula rambut manusia..dan hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Sox21 bertanggung jawab pada kondisi kerontokan rambut pada manusia.”

XOXO,

Toekang Roempi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s