Pantai Paling Berhiu Di Amerika Utara

…(kali aja mau main-main ke Amrik)…

Seperti banyak orang tahu kalau Amerika Utara mempunyai banyak sekali pantai yang sarat dengan pengunjung. Dan lebih istimewa lagi, pantai-pantai tersebut juga menjadi salah satu “tempat bermain” dari hiu-hiu ganas yang tidak diketahui oleh para perenang yang bersenang-senang.

menurut Ichtyologist – atau ahli perikanan George Burgess, yang mengajar di Universitas Florida dan juga sebagai pengelola database yang dia berinama International Shark Attack Files, hiu sering salah mengira bahwa manusia dengan papan seluncur mereka adalah mangsa. Mereka harus memutuskan dengan cepat ketika melihat sebuah papan dengan kaki dan tangan yang mengayuh dalam air. Hiu sering salah mengira bahwa ini adalah anjing laut atau sebangsanya, yang menjadi santapan hiu-hiu lapar.

Lain lagi menurut Laleh Mohajerani,direktur eksekutif  dari konservasi hiu di taman laut Oceania. Dia mengatakan bahwa hiu tidak akan menganggu kehidupan manusia, terutama saat manusia tersebut sedang berada di air. Dia menambahkan kemungkinan untuk tersambar petir lebih besar daripada diserang hiu, dan ketakutan terhadap hiu ini menjadi irasional.

“Orang lebih senang kesambar petir ketimbang digigit hiu” katanya.

Dan ketakutan ini – yang juga dipicu oleh gambaran jahat hiu dilautan oleh film-film garapan hollywood bisa mengancam kelangsungan hiu dimasa mendatang dan menghambat upaya para peneliti untuk mencari tahu tingkah laku ikan hiu dilautan.

Dan berikut ini adalah daftar pantai yang disinyalir paling berhiu di Amerika Utara, just in case ada diantara anda yang punya rencana untuk merasakan gigitan hiu..uhmm..maksud saya, tingginya ombak untuk berselancar. Ehem, itu yang tepat. Ombak yang menantang.

Tapi kalo butuh tantangan lebih, coba saja kalo berani.

1. New Smyrna Beach, Florida.Bisa dibilang, tempat ini adalah habitat dari si gigi taring ganas. Pantai ini mencatat 210 serangan. Tapi tetap saja pantai ini mengundang banyak sekali orang untuk mencoba keberuntungan mereka “menaiki” ombak dengan selamat tentunya.

2. North Shore, Oahu, Hawaii. No 2 ditempati oleh pantai Oahu, dimana ditempat ini tercatat banyak sekali serangan dari jenis-jenis hiu ganas, seperti Hiu Macan, Hiu galapagos, yang sering berkumpul dalam jumlah banyak. Walaupun terdengar begitu mengancam tapi tampaknya minat untuk berkunjung ke pantai ini tidak menurun, terutama di pantai Velzyland, yang punya ombak besar dengan hiu-hiu lapar dibawahnya.

3. Long Beach Island , New Jersey. Film fenomenal garapan Steven Spielberg “JAWS” yang diambil dari buku karangan Peter Benchley yang terbit tahun 1974. Cerita tersebut memang terinspirasi dari kejadian nyata yang menghantui warga kota New jersey, dimana selama 11 hari, hiu ganas telah menebar teror disepanjang pantai. Saksi mata mencatat air pantai menjadi semerah darah dan hiu yang mengikuti korban yang sekarat. Dimasa sekarang kemunculan hiu memang sudah jarang terlihat, namun legenda hiu ganas masih lekat diseputar long beach ini.

4. Stinson Beach California. Berada dibawah bayangan gagahnya gunung Tamalpais, Stinson Beach adalah tempat yang cocok untuk “bermain” para hiu putih yang senang berenang ditempat-tempat dangkal. Patrick Douglas, pemilik dari Shark Diver, sebuah usaha yang bergerak dibidang jasa layanan pengunjung mengaku pernah melihat kemunculan hiu-hiu putih yang berenang dikedalaman 20 kaki.

5. Pantai Pantai di Brevard City Florida. Lebih dari 100 tahun lamanya dilaporkan lebih dari 90 serangan hiu yang berada di sepanjang pantai timur Florida. Pengunjung menandai dari wilayah timur orlando hingga sepanjang lautan di Cocoa Beach , Jetty Park dan Klondike Beach sepanjang 24 mil yang hanya bisa diakses dengan jalan kaki.

6. Hory County South CArolina. Didaerah ini, South Carolina mencatat lebih dari 50 serangan hiu yang tercatat. Dari jumlah  tersebut, 16 diantaranya tercatat di Myrtle Beach di daerah Hory County. Pantai ini menjadi salah satu kunjungan wisata yang cukup terkenal. Kabar baiknya sejak 1852, tidak tercatat lagi serangan mematikan dari para hiu di pantai ini.

7. Solana Beach, California. Pada tahun 2008 lalu seorang perenang berusia 66 tahun diserang hingga tewas oleh seekor hiu putih. Dia sedang berenang dipagi hari dan berlatih bersama dengan sekelompok orang ketika dia mendapatkan serangan hiu tersebut. Solana Beach adalah rumah bagi populasi anjing laut dimana banyak hiu berkumpul.

So, selamat berselancar…play save ya?

XOXO,

Toekang Roempi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s