A Miracle For A Little Girl

Apakah anda percaya dengan yang namanya keajaiban? Pernahkah anda menjadi yang terpilih untuk merasakan sedikit keajaiban dalam hidup?

Keajaiban, adalah satu hal yang barangkali memang kerap kali membuat orang bingung dan tidak percaya. Tapi sebuah keajaiban memang selalu ditunggu, terlebih ditengah saat-saat sulit.

BRITAIN HEART TRANSPLANTDan untuk membuat anda percaya akan keajaiban, ada baiknya anda sedikit melihat kekanan dan kekiri. Anda pasti akan menemukan banyak kisah, meski sederhana, yang menggambarkan betapa Tuhan memang selalu saja berbaik hati pada kita dengan berbagi sedikit senyumanNya, yang berwujud pada sebuah keajaiban.

Dan sepertinya Tuhan memang sedang senang dan berbaik hati pada seorang gadis bernama Hannah Clarks. Gadis asal Inggris ini mencengangkan orang-orang disekitarnya.

Sejak tahun 1995 lalu Hannah harus menjalani operasi transplantasi jantung untuk membantu organ jantungnya yang tidak berfungsi. Dan setelah hampir lebih dari 10 tahun Hannah hidup dengan 2 jantung terjadilah sebuah keajaiban. Jantungnya yang asli – bukan implan, bekerja kembali! Tim dokter terkejut dengan fakta ini dan memutuskan untuk mengangkat implan hati yang selama ini membantu Hannah tetap hidup.

Namun begitu, Hannah juga mengalami efek samping lainnya yang dirasakan dari obat yang dia konsumsi untuk menghindarkan meminimalisir penolakan tubuh Hannah terhadap jantung dari pendonor. Efek samping yang dirasakan adalah kanker yang harus ditangani dengan kemoterapi.

Doktor Douglas Zipes dari American College of Cardiology menyatakan bahwa hal ini menunjukkan bahwa jantung punya kesempatan untuk memperbaiki dirinya. Selain itu jantung juga mempunyai kemampuan untuk meregenerasi dirinya dan hal ini bisa menjadi kunci untuk mencari jawaban dari pertanyaan bagaimana sebuah organ tubuh meregenerasi dirinya.

Pada tahun 94 lalu ketika Hannah masih berusia 8 bulan, dia didiagnosa menderita  gangguan jantung dan dokter memutuskan untuk memberikan transplantasi jantung. Tapi  masalah yang kemudian timbul adalah Hannah juga mengalami kelainan pada paru-parunya. Dan itu artinya dia juga harus melakukan transplantasi paru-paru. Untuk menghindari resiko yang lebih besar maka dokter memutuskan untuk melakukan langkah operasi yang berbeda.

Sir Magdy Yacoub dari Imperial College London yang juga satu dari sekian banyak dokter bedah ternama merasa bahwa jantung Hannah perlu diberikan sedikit waktu untuk melakukan pemulihan terhadap fungsi kerjanya sementara Sir Magdy dan timnya memutuskan untuk mentransplantasikan jantung seorang anak berusia 5 bulan untuk membantu kerja jantung Hannah.

Setelah 4 setengah tahun kemudian kerja 2 buah jantung yang ada didalam tubuh Hannah bekerja dengan cukup baik, namun begitu jantung ekstra yang dipasang didalam tubuh Hannah tidak dikeluarkan.

Selama masa pengobatan, efek obat yang dikonsumsi dengan tujuan meminimalkan efek penolakan tubuh Hannah terhadap jantung donor menyebabkan kanker dan Hannah harus dirawat melalui kemoterapi. Meski dokter sudah menurunkan dosis obat tersebut untuk memaksimalkan daya tahan tubuh Hannah, tapi kanker sudah terlanjur menyebar, dan belakangan tubuh Hannah sudah mulai menolak jantung donor.

Untungnya seiring dengan berjalannya waktu,, kerja jantung asli Hannah berangsur membaik dan bekerja dengan sepenuhnya. Dan dokter Victor tsang dari Great osmond Street Hospital di London dan Sir Magdy Yacoub serta timnya mengeluarkan jantung donor dari dalam tubuh Hannah.

Dan sejak saat itu, Hannah Clarks yang sekarang berusia 16 tahun sudah mampu melakukan aktifitas olahraga dan bekerja paruh waktu dan berencana  untuk kembali ke sekolah pada September mendatang.

Well, the story came from abroad, but the miracle could happen to us in here anyway, right?

XOXO,

Toekang Roempi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s