10:10, Antara Mitos dan Fakta

Pernah liat iklan jam di TV atau di majalah? Atau tertarik untuk membeli jam tangan atau jam dinding yang terpampang di sebuah billboard di pinggir jalan? Kalau diperhatikan, kenapa ya? gambar jarum penunjuk di jam-jam tersebut selalu menunjukkan pukul 10 lebih 10 menit. Kenapa ya?

Ada yang bilang kalau angka-angka tersebut merujuk pada beberapa kejadian sejarah yang terjadi pada tokoh-tokoh penting amerika seperti pembunuhan Abraham Lincol, Martin Luther King Jr dan JFK. Faktanya, Lincoln ditembak pada pukul 10.15 menit dan meninggal pagi harinya pada pukul 07.22. Sementara JFK ditembak pada pukul 12.30 siang dan meninggal 30 menit kemudian. Dan Martin Luther King ditembak  pada 6.01 petang dan diumumkan meninggal 1 jam kemudian.

timex1

Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa angka 10:10 pada jam digunakan untuk menghormati peristiwa pengeboman kota Nagasaki dan Hiroshima pada perang dunia. Padahal the Fat Man (istilah untuk bom nuklir milik amerika yang dijatuhkan di Nagasaki) dijatuhkan pada pukul 11.02 waktu setempat dan the little Boy (nama bom yang dijatuhkan di Hiroshima) dijatuhkan pada pukul 08.15 waktu setempat.

Sebenarnya, alasan penggunaan angka 10:10 itu hanya karena alasan ESTETIKA!

Posisi 10:10 pada jam analog, untuk jam tangan atau jam dinding memberikan beberapa keuntungan ;

  • Kedua jarum tidak “overlaping” sehingga memberikan keuntungan bahwa jarum tersebut mudah dilihat dan posisi tersebut enak buat dilihat dan dikagumi.
  • Pengaturan jarum yang simetris mengundang minat yang lebih pada orang-orang yang melihat. Mereka mengaku lebih senang dengan bentuk simetris dibanding yang tidak. Dan ini meningkatkan minat bagi para calon knsumen untuk membeli jam yang dijual
  • Logo dari perusahaan pembuatnya biasanya terletak di bagian tengah dan berada dibawah angka 12. Tidak hanya mudah terlihat tapi terbingkai dengan indah karena posisi jarum yang 10:10.
  • Elemen tambahan yang biasanya berupa jendela yang menunjukkan tanggal, biasanya terletak di bagian 3,6,dan 9 tidak akan terganggu.

berdasarkan keterangan dari Timex , sebuah produsen jam yang biasanya mengeset posisi jarum mereka tepat pada posisi 10:09:36 detik, dulunya posisi jarum berada pada pukul 08.20. Tapi terlihat begitu muram. Untuk merubahnya menjadi lebih ceria, maka posisi jarum dirubah pada angka 10:10 sehingga terlihat seperti sebuah senyuman. Beberapa dari kita masih akan melihat jam dengan posisi jarum di jam 08:20 karena beberapa pertimbangan salah satunya adalah logo perusahaan yang berada diatas angka 6.

Sekarang sudah tahu ya, kenapa sih jarum jam berada pada posisi 10:10. Ternyata nggak lebih dari karena biar produknya lebih menarik.🙂

XOXO,

Toekang Roempi

2 thoughts on “10:10, Antara Mitos dan Fakta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s