8 Kepribadian Beracun Yang Harus Dihindari

Dalam kehidupan kita, bertemu dengan orang banyak adalah sesuatu yang tak terhindarkan. Bertemu, kenalan dan kemudian berhubungan sebagai makhluk sosial, akan memberikan warna dalam kehidupan kita. Tapi tak jarang, kita bertemu dengan orang-orang yang tidak kita inginkan, karena mempunyai kepribadian “beracun” yang membuat hidup kita jadi terasa begitu buruk.

Karena kita bukan orang suci, bisa jadi kita juga orang yang punya karakteristik dan kepribadian beracun seperti berikut :

  1. Si Manipulatif

    • Ada banyak orang-orang yang jago memanipulasi diluar sana. Tidak hanya pintar utak atik angka, tapi pintar juga memanipulasi perasaan orang lain. Bahkan kita sering sekali menjadi korban dan tidak sadar bahwa kita sedang dimanipulasi sampai kemudian semuanya sudah terlambat. Orang-orang manipulatif tahu bagaimana mencari sisi lemah dari diri kita dan kemudian menggunakannya untuk kepentingan mereka sendiri. Kenapa si manipulatif ini tergolong racun? karena mereka cenderung selalu mempunyai cara untuk bisa menggerogoti kepercayaan diri kita, mereka mempunyai cara untuk bisa membuat kita melakukan sesuatu yang tidak kita inginkan dan ketika kita sadar kita sudah kehilangan banyak hal, seperti kemampuan kita untuk mengenali diri kita, kehilangan prioritas dalam hidup, dan tidak mampu melihat realitas yang ada. Dan kemudian kita tahu bahwa semuanya hanya tentang kepentingan mereka saja.
  2. Si Narsistik

    • Orang-orang ini punya sebuah selera yang ekstrem tentang bagaimana semua orang harus memperhatikannya. Umumnya mereka memang tidak seburuk si manipuatif,, tapi tetap saja mereka selalu mendahulukan kepentingan mereka tanpa peduli perasaan orang lain. Anda akan sadar bertemu dengan si Narsis ini saat anda sudah bisa merasakan “bahwa semua ini tidak harus selalu tentang kamu!”. Si Narsis termasuk pribadi yang beracun karena mereka hanya menuntut semuanya untuk fokus hanya pada dirinya, dan meninggalkan kepentingan orang lain seperti hal  yang tidak berguna. Orang lain akan ditinggalkan begitu saja dalam keadaan kecewa. Dan lebih jauh mereka akan menyerap energi kita yang ada didekatnya karena digunakan untuk kepentingan pribadinya dan bukan kepentingan kita juga.
  3. Si Penurun semangat

    • Orang-orang dengan tipe kepribadian seperti ini tidak pernah memandang hidup secara lebih positif. Kalau kita bilang hidup itu indah dan hari ini begitu indah, mereka akan selalu mencari cara untuk mengatakan bahwa hari ini akan hujan, bahkan kalau perlu mereka akan menggunakan ramalan cuaca sebagai dasarnya. Si Pesimis dan penurun semangat ini seakan tidak mempunyai hal-hal  yang menyenangkan dalam hidup. Bahkan kita yang sedang positif pun bisa terkena imbasnya jika terlalu sering dekat-dekat. Tanda-tanda bahwa kita sudah teracuni adalah ketika kita melihat semuanya juga suram sama seperti dia mellihat dunia.
  4. Si Penghakim

    • Ketika kita melihat semuanya begitu indah dan lucu, mereka justru melihatnya sebagai sesuatu yang tidak menarik dan aneh bahkan bisa mengundang bahaya. Orang yang menurut kita mempunyai sudut pandang yang berbeda karena unik, tapi mereka akan menilainya sebagai sesuatu yang salah. Ketika kita menyukai seseorang dengan selera yang unik, mereka akan merasa terganggu dengan selera unik orang tersebut. hampir sama dengan si pesimistis. Di jaman kebebasan seperti sekarang, sikap menghakimi memang sudah seharusnya hilang dari muka bumi, tapi nyatanya masih banyak yang memiliki kepribadian negatif yang satu ini. bergaul dengan tipe penghakim seperti mereka, kita sendiri akan berubah menjadi orang yang memang suka menghakimi.
  5. Si Pembunuh Mimpi

    • Setiap kali kita punya ide, mereka akan menjelaskan kenapa hal yang jadi ide kita tidak bisa terwujud. Ketika kita punya keinginan mereka akan menjelaskan kesulitan-kesulitan yang mungkin akan jadi penghalang dari terwujudnya keinginan kita. Mereka adalah orang yang pertama kali akan membuat kita merasa bahwa kita tidak mungkin mampu mewujudkan apa yang jadi harapan dan mimpi kita. Racun yang satu ini memang harus segera dihindari karena si pembunuh mimpi akan membuat kita tidak berkembang dan terperangkap dalam situasi yang merugikan. Lebih jauh lagi, si pembunuh mimpi akan menggerogoti kepercayaan diri kita. Kita harus tahu bahwa yang namanya kemajuan dan perubahan hanya bisa terjadi dengan mengerjakan hal-hal baru, bermimpi tentang sesuatu yang mungkin mustahil dan berusaha meraih bintang, adalah salah satu untuk tetap bisa terus berharap.
  6. Si Tidak Tulus.

    • memang susah untuk menebak apakah seseorang itu tidak tulus atau tidak. Tapi yang pasti, kita bisa tahu dari beberapa hal. salah satunya adalah, ketika kita mencoba melucu, dia hanya akan tertawa dengan sopan, ketika kita sedang sedih dia akan memberikan respon dengan mengatakan “sini..sini..jangan sedih” Dan ketika kita mengatakan bahwa kita sedang tertarik dengan sesuatu,mereka hanya akan diam dan seringnya mengatakan “oooh..gitu”. Berteman dengan orang yang tidak tulus hanya akan membangun sebuah hubungan yang palsu, tidak ada artinya dan tidak dalam. Ketika kita sedang benar-benar butuh teman, dia hampir tidak pernah ada disana. Ketika kita butuh kritik yang membangun mereka akan lebih memilih bilang kalau kita sudah bagus dan semuanya baik-baik saja. Dan ketika kita butuh dukungan mereka lebih memilih untuk membuat kita terlihat bodoh.
  7. Si Tidak Hormat

    • Orang-orang dengan kepribadian satu ini akan melakukan sesuatu di waktu yang tidak tepat atau mengatakan sesuatu yang tidak pantas di waktu yang tepat pula. Mereka cenderung menggunakan rahasia kita sebagai senjata untuk melawan kita atau membuat kita merasa sakit hati. Bisa jadi ini adalah anggota keluarga kita yang sering menguntit apa saja yang kita lakukan dan selalu pengin tahu urusan kita. Orang-orang seperti ini tidak tahu batas dan  tidak punya keinginan untuk menghormati perasaan kita, terlebih pada privasi. Orang-orang seperti ini akan menyebabkan kita depresi dan frustasi.
  8. Si Tak Pernah Cukup

    • Ketika berhadapan dengan tipe yang satu ini kita akan merasa selalu bersalah karena tak mampu membuatnya bahagia dengan cara apapun juga. Mereka menyia-nyiakan kebaikan kita dan mempunyai harapan yang tidak realistis pada kita. Selalu punya cara untuk bisa membuat kita merasa bersalah dan tak pernah bertanggung jawab pada apa yang terjadi karena kesalahan mereka. Salah satu racun yang sering kita jumpai dan membuat kita seakan tak pernah punya cukup waktu dan kemampuan untuk bisa membuat mereka senang, mereka akan mengambil semua energi dan waktu kita dan meninggalkan kita dalam keadaan selalu khawatir akan dirinya.

Dari berbagai macam kepribadian beracun yang ada diatas tadi, ada beberapa kesamaan diantaranya :

  1. Makin dibiarkan, orangnya akan makin menjadi
  2. Mereka nggak pernah tahu bahwa apa yang mereka lakukan itu salah dan bersikap cuek, pura-pura tuli dan menganggap bahwa kitalah yang gila

Hidup memang terlalu singkat untuk dihabiskan dengan bergaul bersama-orang berkpribadian negatif seperti diatas. Kalau bisa, kita bisa hindari orang-orang tersebut.

Ada yang mau menambahkan tipe yang lain?

XOXO,

Toekang Roempi

2 thoughts on “8 Kepribadian Beracun Yang Harus Dihindari

  1. hehehe. saya punya tuch temen narsistic. bukan yang suka ngaca loch, hehehe tapi dalam arti sesungguhnya seperti diatas. dikampus saya ada 3 kali yah tergolong seperti itu. yang anehnya semuanya gendut. baik cowok maupun cewek. katanya sich yang saya baca di internet (artikel) orang yang terlalu kurus dan terlalu gendut memiliki kecenderungan narsistic karena ada enzim atow kimiawi apa gitu saya lupa. jadi kl engga mau jadi narsistic people mending kita jadi orang sehat aja kali yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s