Roti Panggang Kornet Keju

Ini adalah proyek masak pertama saya. Majalah Femina memuat resep ini dan saya tertarik membuatnya. Pertama, karena cara masaknya gampang. Kedua, bahan-bahannya mudah didapat dan bisa diganti. Nama resepnya sih Roti Panggang Kornet. Tapi saya melakukan beberapa modifikasi dengan beberapa alasan. Diantaranya adalah mengganti keju mozarella dengan keju leleh merk Craft. Saya menggantinya karena harganya yang sangat mahaaaaal. Just imagine, keju mozarella impor harganya 150 ribu! sedangkan harga keju cepet leleh hanya seharga 21 ribu.

Bahan-bahannya gampang kok :

  • Roti tawar – pilih Sari Roti aja…rada tebel soalnya
  • Kornet – banyak pilihannya sih, kalau saya ambil yang Pronas, kebetulan lagi ada diskon. Harganya jadi 10.500 per 1 kaleng isi 190 gram – saya beli 2 kaleng.
  • Saus sambal
  • Saus tomat
  • jagung manis. Saya pilih yang organik. Kemarin beli paketan yang isi 3 harga 6500. Saya cuma pake 2 bonggol
  • Bawang bombay. Saya ambil 2 dari 6 butir yang sudah dipaketin seharga 6700
  • Keju craft quick melt seharga 21.5oo

Cara bikinnya juga gampang :

  • Cincang halus bawang bombay, tumis dalam wajan dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan kornet (saya pake 2 kaleng), tambahkan saus tomat secukupnya dan saus sambal secukupnya. Aduk-aduk sampai rata. kemudian tambahkan serutan jagung manis, aduk sampai matang dan semua bahan tercampur. sisihkan.
  • Panaskan oven. Di resep asli harusnya pake yang api atas, tapi saya nggak punya. Jadinya pake oven api bawah, tapi panasnya dibuat rada panas dikit biar kejunya juga cepet cair
  • Siapkan roti, oles dengan 2 sendok adonan. Harusnya sih begitu, supaya topping nya juga ikut terpanggang dan matang merata, tapi kemarin saya pakenya agak lebih jadi waktu memanggangnya jadi lebih lama.
  • Kalau sudah diberi topping adonan, taburkan keju quick melt diatasnya. Harusnya sih diserut, tapi kemarin saya memotong dadu kejunya dan saya sebarkan dibeberapa tempat. Mungkin akan lebih cantik dengan diserut.
  • Panggang dalam oven selama kira2 5 menit atau lebih untuk mendapatkan roti yang garing dan keju yang leleh.
  • Sajikan dalam keadaan panas atau hangat dengan saos.

Hmmmmm…YUMMY!

Rasanya seperti Bruschetta. Nggak kalah deh pokonya. Dan karena padatnya topping, makan satu roti saja rasanya sudah kenyaaaaang. Pokoknya kali ini proyeknya 80% berhasil, yang 20% berkurang karena tidak sesuai dengan bahan-bahan yang ada di resep aslinya. Tapi nggak apa-apa, semua dilakukan karena untuk menekan biaya.

Bon Apetite….

3 thoughts on “Roti Panggang Kornet Keju

    • hahaha..iya nih, biar penuh. Aku cuma co-pas aja sih emang dari blogger, salah satu blog-ku di blogspot…hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s