Tongseng Kambing Manis Pedas

Punya daging kambing sisa kurban kemarin, sayang juga kalo nggak dipake. dengan sedikit kerja keras, saya berhasil membuat makanan favorit saya. Tongseng kambing manis pedas. Sedikit cerita tentang masakan ini, daging kambing jaman saya kecil, adalah barang yang sangat mewah. Tidak setiap hari saya bisa makan makanan yang satu ini. Harus nunggu Ayah gajian. Nah, kelakuan saya jaman kecil dulu adalah “nitili” dagingnya dikit-dikit. Kalau mami nggak ada, saya langsung buka lemari makan dan nitil dikit-dikit sampai nggak berasa dagingnya abis, tinggal kuahnya. Saya ingat Mami marah-marah dan mengunci lemari makannya dan membawa kuncinya. sehingga saya cuma bisa ngiler.

Tapi sekarang, saya bangga bisa membuat masakan itu. Saya senang, rasanya tidak berubah, sama seperti jaman saya kecil dulu. So t means, saya berhasil ^_^ V

Bahan-bahannya :

  • Daging kambing – saya sih nggak tau seberapa banyak. Tapi kalo 1/4 kg saja mungkin udah cukup kali ya? potong dadu dengan ukuran sedang
  • bawang putih – 5 siung, bawang merah – 5 siung, tomat segar, 5 cabe merah, 10 cabe rawit – dihaluskan
  • Tomat segar dipotong-potong
  • saus tomat
  • saos cabe
  • garam, gula
  • kecap manis
  • air untuk bikin empuk dagingnya
  • minyak goreng untuk menumis

Cara masaknya :

  • panaskan minyak goreng
  • tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai baunya harum
  • masukkan potongan daging, olah sampai semua bumbu merata dalam daging
  • masukkan air, beri garam dan gula secukupnya, kemudian tambahkan kecap dan potongan tomat
  • masak sampai daging empuk. Kalau daging belum empuk, tambahkan air lagi sampai matang
  • sajikan dalam keadaan panas dengan nasi putih hangat dan kerupuk

rasanya….YUMMO!!!!

Bon Apetite….

2 thoughts on “Tongseng Kambing Manis Pedas

Leave a Reply

