The Historian by Elizabeth Kostova

Buku yang akan saya review kali ini adalah buku yang punya isi gado-gado. Dalam artian ada fakta ada fiksinya juga. Jadi campuran antara cerita dan kisah pribadi yang nyampur dengan fakta sejarah dan sedikit bumbu fiksi. Sampai-sampai saya sendiri bertanya-tanya ini beneran asli kejadian nggak sih? Hehehehe. Soalnya cerita dalam buku ini adalah tentang seorang tokoh nyata yang kemudian kita kenal sebagai tokoh yang cukup ikonik juga dalam sejarah dunia Yaitu Vlad The teples atau Vlad si Penyula dan lebih sering kita kenal dengan Dracula.

Ya, satu lagi satu buku yang bercerita tentang Vampir. Kalau mungkin kamu kenal dengan beberapa buku sepert  misalnya karya Bram Stoker, atau beberapa karangan Anne Rice, kamu juga mungkin suka dengan yang satu ini. Buku yang berjudul The Historian, atau Sang Sejarawan, karya Elizabeth Kostova. Buku menarik yang bercerita tentang sisi lain dari legenda asal transilvania, Vlad Dracula.

Saya rasa, yang namanya sosok Dracula, sudah sangat akrab ditelinga kita. Karena Hollywood juga turut ambil peran dalam kepopuleran sosok yang satu ini.Apalagi sekarang yang namanya film tentang Vampire sedang sangat menjamur. Nggak perlu disebutin satu-satu, yang pasti kamu juga pasti bisa nyebutin film-film apa saja yang tokohnya adalah seorang Vampir.Nah, buku yang satu ini bercerita tentang asal-usul dari para tokoh vampire yang selama ini ada bisa dibilang cikal bakal dan buyutnya si Edward Cullen dan lain-lain.

The Historian adalah sebuah novel dewasa yang menggabungkan antara catatan sejarah, drama, dan fiksi. Bercerita tentang seorang professor bernama Paul yang mencari jejak temannya yang menghilang. Setelah ngedapatin sebuah buku misterius, dimulailah pencarian Paul ke belahan dunia lain untuk mencari tahu keberadaan sahabat sekaligus dosen pembimbingnya,, Dalam prosesnya dia bertemu dengan seorang wanita bernama Helen, yang kemudian terlibat ke dalam misteri hilangnya sang dosen. Perjalanan keduanya memang nggak mudah karena berhubungan dengan Misteri dari Sejarah Dracula.

Pencarian Paul dan Helen juga bertujuan untuk menemukan fakta bahwa sosok Dracula masih hidup sampai dengan sekarang. Bermodalkan transkrip-transkrip dan dokumen-dokumen kuno, Paul dan Helen nyocokin fakta sejarah dengan situasi, dan kemudian menemukan fakta sejarah yang mencengangkan semua pihak.

Dracula adalah sosok yang sangat populer. Vlad si penyula adalah tokoh dari transilvania yang hidup pada era 1400, tepatnya 1431-1476. Dia adalah penguasa yang menjadi musuh utama kaisar pada era invansi Ottoman Turki. Kalau dalam versi Bram Stoker, Vlad menjadi pembelot Gereja setelah tahu bahwa kekasihnya meninggal ketika Vlad bertempur dengan pasukan Turki.

Lebih lanjut soal Vlad si Penyula kamu bisa cek di wikipedia.com. Yang pasti novel ini memang cukup menarik. disajikan dengan nuansa sejarah yang sangat kental. detail-detail sejarah disajikan cukup intens disini , tentang sejarah pendudukan Ottoman di Rumania, dan bagaimana Vlad III menjadi salah satu penguasa daerah Walachia yang nggak mau tunduk pada kekaisaran Ottoman. Dan semuanya diceritakan melalui 3 babak dalam buku. Babak yang pertama bersetting di Amsterdam pada tahun 1972, ketika Elizabeth menemukan sebuah catatan milik ayahnya paul dan kemudian dari situ terkuaklah sebuah petualangan dalam mencari Dracula.

Kemudian di babak yang kedua, bersetting perjalanan Paul dan Helen dalam mencari Professor Rossi yang menghilang, dan mereka melakukan perjalanan jauh hingga ke Eropa tengah dan kemudian di babak yang ketiga adalah cerita tentang penemuan kubur dari vlad Dracula oleh Paul dan Helen, dan bagaimana kemudian Elizabeth tahu kalau ternyata dia masih ada hubungan darah dengan sang drakula.

The historian atau Sang Sejarawan, ditulis dengan gaya cerita yang cukup unik tapi emang rada rumit. Menggunakan pola cerita di dalam cerita, kamu akan sedikit kebingungan buat mencerna siapa yang sedang bercerita pada satu episode, karena semuanya menggunakan “AKU” sebagai kata ganti orang pertama. Kamu akan mencari-cari apakah Elizabeth yang bercerita atau paul yang bercerita. Dan itu masih ditambahi dengan selingan-selingan manuskrip yang kemudian dituangkan dalam surat-surat lain dari tokoh-tokoh lain yang ada dalam cerita ini. Tapi kalau nanti sudah mulai ke tengah ke tengah, kamu akan mulai paham, siapa yang sedang terlibat dalam proses pemaparan kisahnya. Emang agak rada ngebingungin sih, secara kamu seperti sedang ngebaca sebuah surat berharga yang bercerita panjang lebar tentang sebuah petualangan seru.

Dalam buku ini, kita akan dibawa ke sebuah pertanyaan, apakah benar bahwa Drakula masih hidup? Sampai dengan saat ini?,, Walaupun hanya kita kenal dalam cerita-cerita film, tapi tampaknya sosok Drakula memang misterius dan menarik untuk dicari tahu,, Ada yang bilang sosoknya yang suka menghisap darah adalah sebuah cerita legenda biasa, tapi ada yang bilang, bahwa Drsayala memang senang menghisap darah dan menularkan wabah penyakit yang merubah manusia menjadi sosok mayat hidup yang takut pada bawang putih dan salib.

Meskipun banyak yang tahu bahwa sosok Vlad Dracula sendiri adalah sosok yang kejam, tapi dalam Novel ini,kita akan melihat sisi lain dari Vlad si Penyula, yang ternyata sangat menyukai dan menghormati sejarah. Dia punya sebuah perpustakaan yang punya banyak koleksi hebat dimana dia sendiri sangat melindungi miliknya itu. ini mungkin adalah sosok yang jarang dimunculkan dalam cerita-cerita tentang Drakula.

Membaca buku ini, seperti candu buat saya. Walaupun kadang-kadang capeknya minta ampun, karena harus memahami berkali-kali, apalagi kalau sudah berhubungan sama angka-angka dan peristiwa-peristiwa bersejarah, tapi The historian memang bisa membuat Saya penasaran. Walaupun kadang-kadang, buku ini membuat batas antara fakta dan fiksi jadi kabur. Banyak fakta-fakta sejarah yang mungkin memang kurang penjelasan, entah itu dalam bentuk catatan kaki yang bisa menguatkan bahwa hal yang disampaikan dalam buku ini adalah fakta yang didukung oleh riset sejarah yang sayarat. Tapi toh, petualangan Paul dan Helen dalam mencari kuburan Vlad si Drakula sudah cukup menarik untuk diikuti.

Satu hal yang saya suka dari buku ini dan tentu saja novel-novel petualangan lainnya adalah detail yang cukup baik tentang penggambaran lokasi, dimana kita jadi ikut ngebayangin seperti apa lokasinya. Misalnya aja ketika Elizabeth menggambarkan sebuah rumah, dia akan menggambarkan detail dari rumah tersebut, atau ketika dia menggambarkan tentang sebuah biara dan kastil, kita bisa jadi ikut membayangkan struktur bangunan dari kastil tersebut, dan Elizabeth menggambarkannya dengan cukup akurat dan menarik.

Walaupun menceritakan tentang Dracula, tapi The historian bukan lah novel horror yang menakutkan, buku ini lebih seperti buku petualangan yang berlatar belakang sejarah. Dan dibuat berdasarkan cerita Vampir dari Paul pada Elizabeth ketika kecil. Dan dari sinilah ide untuk buku ini muncul, terlebih ketika dia dan keluarganya pindah Slovenia. Elizabeth mengaku bahwa cerita itu memengaruhi fantasinya, dan untuk membuat buku ini dia melakukan banyak riset tentang sosok Dracula. Buat dia, sosok Dracula adalah sosok yang menarik. Bahkan dia belajar lagu rakyat kuno dari daerah Balkan. selain itu dia juga sering melakukan perjalanan keliling eropa demi riset yang mendalam untuk buku ini.

The Historian ditulis dalam jangka waktu tak kurang dari 10 tahun. Hal ini dikarenakan riset yang mendalam tentang sosok Vlad si Penyula. Elizabeth bahkan menemukan bahwa kemungkinan Vampir itu ada, setelah dia menemukan peralatan pembasmi vampire di mercer Museum, yang mana peralatan tersebut lengkap dengan peluru perak sampai dengan bawang putih segala. Bersama dengan suaminya Elizabeth Kostova merampungkan novel ini pada tahun 2004 lalu dan menerbitkannya dengan hak pembelian karya sebesar 2 juta dollar. Ini adalah harga yang mengagumkan, mengingat konon, 30 ribu dollar adalah harga yang pantas untuk sebuah buku yang ditulis oleh penulis yang kurang terkenal. Harga ini diberikan oleh pihak penerbitnya, Little Brown and Company memang beralasan, karena buku ini dinilai menarik karena menggabungkan antara fiksi dan fakta sejarah yang cukup sayarat dan bisa menjadi fenomena baru setelah the daVinci Code. Nggak heran kalo sony pictures juga berencana untuk membuat versi layar lebar dari The Historian ini.

Penggarapan yang intens pada buku ini memang nggak main-main. setelah diterbitkan  untuk pertama kali, buku ini berhasil terjual lebih dari 1 juta kopi di amerika saja. Dan beberapa penghargaan berhasil di raih diantaranya adalah Hopwood award, international horror guild,Book sense dan Quil Award,, Dan sampai sekarang katanya sudah cetak lebih dari 6 kali dan masih akan terjual lebih banyak lagi.

Yak, buat kamu yang suka sama cerita sejarah yang sedikit bercampur dengan thriller, kamu bisa pilih buku yang halamannya tebel banget ini. Lebih dari 700 halaman sih…dan bahasa terjemahan yang digunakan cukup mudah dicerna walaupun kebanyakan menggunakan bahasa baku, karena mungkin ini juga novel sejarah yang membutuhkan tata bahasa yang resmi. Dari sekian banyak halaman, saya hanya menemukan satu kesalahan cetak di halaman 433 baris ke 11 dimana disana ada kesalahan cetak. Kesalahan apakah itu? Kamu harus lihat sendiri hehehehehe. semoga sih udah diperbaiki pada cetakan berikutnya ya?,,

12 thoughts on “The Historian by Elizabeth Kostova

  1. lo bnr bngd.,., baca the historian tu capek banged.,.
    uda tebel.,. ngebingungin lg.,.,
    tp sebenernya seru banged,.,
    gu jg sempt brtanya tanya .,. ne novel nyata apa gak.,.???
    soalnya bnr2 ky’ nyeritain sebuah kejadian nyata ,.,
    tp gu gak sanggup lg baca baru dpt 1/3 bagian + epilog!
    bisa ceritain peristiwa di temukannya rossi gak.,.,??

    • wah…sayang kalo nggak diselesein….ayo donk dibaca lagi…seru deh pokoknya. Dan apakah professor rossi ditemukan? that’s still a secret that you have to find out! hahahahaha

  2. Aq punya buku The Historian beli di gramedia seharga 30rb..awalnya nyangka isinya biasa aj,baru baca bbrapa lembar udah hanyut serasa ikut berpetualang dlm buku,krn penasaran tingkat tinggi buku itu kutuntaskan slma 7hr…ceritanya bagus..sangat bagus…kayak nyata kejadiannya,krn si Kostova bsa nulis kyk nyata penceritaanya…buku kostova yg swan bgus jg gak ya?

  3. aku bru beli buku ini kemaren mlm di gramedia dgn hrga 7rb.. bru baca bbrapa bab kok aku ngerasa terbawa sama buku ini, trus kdg2 jd merinding sendiri..
    haha jd penasaran sih bacanya, tp ya itu td aku jd pny pertanyaan yg sama apa drakula itu ada n msh hidup??

  4. mau tanya.. kalo misalkan helen rossi di dalem buku itu.. asli apa cuma cerita fiksi sih?? soalnya akuu penasaran sama sosok helen rossi di dalam buku itu .. hehehe

  5. Pingback: THE HISTORIAN (Sang Sejarawan) Baru, segel, murah! ++ Kolpri NOVEL 2ND - Ceriwis - Indonesian Community

  6. Aku dapat buku ini dari mama sbg hadiah kelulusan.😀 butuh waktu panjang untuk baca sampe abis dan ngulaang lagi sampe bener2 ngerti semuanya tanpa ngelewatin satu bagian. Yak salah cetaknya sudah ditemukan xD
    rasanya senang ya mengetahui ada orang lain yang baca buku yg sama dgn kita 😀
    Reviewnya bukunya bagus, cukup detil😀
    Waah semoga novel ini bener2 difilmin! Pasti keren😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s