Yang Laris Habis Puasa : Dokter dan Rumah Sakit

Salah satu pemandangan yang luar biasa tapi kemudian jadi biasa adalah banyaknya orang-orang yang jatuh sakit sehabis puasa dan selama lebaran ini.

Antrian pasien di praktek dokter pribadi atau di rumah sakit seperti jadi sesuatu yang lumrah terjadi. Langganan mah kalo abis puasa dan lebaran pasti banyak yang jatuh sakit. Sebuah fenomena, tapi nggak perlu terlalu dipertanyakan juga.

Yang sering menjadi keluhan dari kebanyakan pasien adalah gangguan pencernaan. Kalo nggak diare, ya gejala tifus. biasanya sih 2 itu. Yang lainnya seputar kecapekan karena mudik yang menyita tenaga, ditambah dengan cuaca yang nggak menentu biasanya ada keluhan gangguan pernafasan juga.

bisa jadi kenapa pasien gangguan pencernaan paling tinggi terutama di masa pasca lebaran seperti ini karena menu lebaran kita yang memang mengandung banyak santan dan berbumbu cukup kuat. usus dan lambung yang sudah mulai terbiasa kerja ringan sebulan, jadi harus kerja keras kembali.

ini masih bicara soal jenis makanan, belum porsi makanan dan frekuensi makannya. Karena lebaran banyak hidangan, dan jajan, udah deh…kalo bahasa temen-temen disini sih..”ngawu-awu” alias ngamuk nggak ketulungan. Hahaha…ada apa aja langsung diembat. Sakit deh tuh perut…

semoga saja sih saya tidak jatuh sakit karena saya kira, lebaran kali ini saya makan luar biasa banyak. Tapi untungnya saya tidak banyak makan santan dan pedas. Toh saya tidak terlalu suka opor ayam. Dan lebaran kali ini mom tidak membuat banyak sambal, nggak bikin malah, cuma sambal goreng kentang plus ati sapi yang nggak pedes sama sekali.

Kalo pun pedes paling cuma merica yang emang sengaja banyak-banyak ditambahin biar rada ‘anget’ an dikit..hehehe.

Ya sudah, semoga cepet sembuh buat yang lagi sakit. Toekang Roempi doakan semoga cepet bisa kembali beraktifitas….

Ngeroempi lagi yuuuukk….

(picture taken from bluebuddies.com)

XOXO,

Toekang Roempi

2 thoughts on “Yang Laris Habis Puasa : Dokter dan Rumah Sakit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s