Satu Lagi Tentang Minimarket

Sebelumnya maaf buat I*******T…kebetulan kasus ini terjadi di Sarang Semut, bukan Sarang Lebah…

Malam sebelumnya saya belanja di salah satu gerai SEMUT yang paling baru di daerah Sompok. Seperti biasa, saya mencari Chimory, yoghurt yang cuma ada di sarang semut. Di label tertulis Chimory Strawberry harganya 5300, chimory Grape harganya 5950. Saya pilih yang strawberry karena harganya yang lebih murah.

Eh begitu nyampe dikasir, harganya berubah jadi 5950. A****T, saya ketipu lagi. Tapi kali ini saya nyoba nanya sambil pasang tampang asem.

“Kok harganya beda? dilabel 5300 kenapa disini jadi 5900?”

mbaknya yang masih training bilang “Mungkin belum diganti pak…”

lalu saya bilang lagi ‘Tolong tuh diganti…udah jadi keluhan banyak orang kalo label diI*******T kadang suka menipu”

dia cuma tersenyum dan bilang maaf.

dan karena mau nggak mau saya butuh itu barang, saya beli saja tentu saja dengan perasaan dongkol saya minum yoghurt itu dan sampai sekarang saya belum e’ek. Mungkin karena saya meminumnya dengan perasaan tidak senang.

Dan pagi ini, saya mampir ke tempat yang sama. Mungkin saya tidak belajar dari kejadian semalam. Seakan ditakdirkan untuk menjadi seperti kerbau yang jatuh ke lubang yang sama.

Saya langsung menuju ke rak penjualan Teh Hijau. Saya tidak salah melihat. TEH HIJAU cap KEPALA JENGGOT HARGA YANG TERTULIS DI LABEL 8900. Dan begitu nyampe kasir, berubah jadi 9800.

Oh please…not again…lalu saya tanya sama mas kasirnya.

“kenapa harga di label beda sama yang dikasir?”

lalu dia ngecek, dan kembali dengan sebuah label bertuliskan 9800.

F**K!

seharusnya saya memotret susunan rak teh tadi yang jelas-jelas tulisan 8900 ada di bawah Teh Hijau Cap Kepala Jenggot. Disampingnya ada Slimming Tea seharga 23 ribu something. Disampingnya ada LAXING TEA dengan harga sekian ribu dan kemudian yang berikutnya adalah TEH dari WRP seharga 30 ribu sekian. Dan saya masih menyesali kenapa saya tidak mendokumentasi susunan rak dan harganya supaya saya bisa kasih liat ke mas-mas itu bahwa harga di label tertera 8900 bukan 9800!

sekali lagi karena saya butuh, saya ambil barangnya. But still, masih dengan perasaan mendongkol.

agar menjadi sesuatu yang adil dan tidak menjelek-jelekkan satu pihak saja, saya ingin menegaskan : kadang hal2 seperti ini juga terjadi di tempat lain, minimarket lain maksud saya. seperti AL*****T atau bahkan mungkin H*******T dan juga C******R sekalipun. Kadang-kadang barang memang diletakkan sembarangan sehingga label yang ada dibawahnya sering berbeda dengan apa yang tertulis di mesin scan kasir.

ada sebuah peraturan tertulis yang mungkin memang mengikat dan sebenarnya menguntungkan pihak penjual.

APABILA TERJADI PERBEDAAN HARGA YANG ADA DILABEL DAN DIMESIN KASIR, MAKA PATOKAN HARGA YANG DIPAKAI ADALAH YANG DIKASIR.

Anda bisa melihat dimana letak kerugian kita sebagai konsumen?

Kita, akan cenderung melihat harga yang ada dilabel. Dan kita, cenderung akan memilih barang yang harganya murah. Dan seringnya, harga yang ada di mesin scan, lebih mahal daripada yang ada dilabel. Sangat jarang harga dimesin scan kasir lebih murah daripada yang ada di label rak barang. Dan karena hal ini lah banyak konsumen yang kemudian merasa sangat tertipu tapi kemudian tidak bisa bertindak apa-apa, karena sekali lagi, kita butuh barang itu.

Mestinya di tiap toko minimarket ada mesin pengecek harga yang bisa digunakan konsumen untuk mengecek harga barang sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antar konsumen dan kasir. kasihan juga kasirnya kalo konsumennya “NRITIL” kayak saya.

Tapi kejadian ini menyadarkan saya, bahwa seharusnya saya menjadi konsumen yang lebih berani lagi. Kalau memang saya mengalami ketidaksesuaian harga, ya seharusnya saya menolak untuk membeli barang tersebut dan mengembalikannya ke rak lagi dan mencari barang yang saya butuhkan di tempat lain.

Hal ini sekaligus untuk memberi pelajaran kepada pemilik toko atau pekerjanya, agar tidak MALAS mengganti LABEL kalau memang sedang ada penyesuaian atau memperbaharui data yang ada di mesin kasir.

Oh ya, dan lebih nyesek lagi, tadi pagi waktu saya beli teh, saya lihat lagi label yoghurt CHIMORY, dan harganya sekarang berubah jadi 5300.

DOUBLE F**K!

berarti semalam memang ada kesalahan kan????!!!???

THIS IS NOT ABOUT ONE HUNDRED or TWO HUNDRED, but IT”S All AbouT Being MISGUIDED!!

sebenernya saya ogah posting beginian..tapi sebagai konsumen saya juga punya hak mengeluh. Karena nyatanya masih banyak juga kejadian-kejadian begini.

Kalo sherina bilang “GEREGETAN…JADINYA GEREGETAN…”

Oh minimarket..minimarket…kapan sih mau sadar supaya tampilan yang modern itu didukung dengan sarana dan sumberdaya yang memadai dan nggak bikin keki???

XOXO,

Toekang Roempi

One thought on “Satu Lagi Tentang Minimarket

  1. Iya..saya juga cukup sering mengalami hal itu. Dan sering complain jg. Tapi itu klo saya lg iseng memperhatikan harga dan mengecek struk belanjaan saya. Bayangkan dgn struk2 yg tidak saya cek karena buru2, baragkali jg banyak yg seperti itu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s