Self Help Book

Membeli buku-buku self help memang bagai memilih kucing dalam karung. Kadang-kadang, judul bukunya saja yang luar biasa bikin penasaran. Langsung tepat menuju sasaran yaitu kelemahan dalam diri yang ingin diperbaiki.

Tapi nyatanya banyak dari buku self help yang saya punya tidak terlalu membantu. Mungkin karena bahasanya yang susah ya? secara kebanyakan buku self help saya adalah terjemahan. Jadi bahasa terjemahannya sering bikin sakit kepala.

Sama seperti terjemahan buku Dale Carnegie. Saya pernah membaca beberapa karyanya yang lain sebelumnya. Tapi terjemahannya terhitung lumayan buat saya. Rada gampang dipahami. Walaupun isinya kebanyakan contoh kasus dan agak bertele-tele. Tapi self help dari Dale Carnegie cukup membantu lah.

Seperti buku saku yang semalam saya beli judulnya HOW TO ENJOY YOUR LIFE and YOUR JOB. *seakan-akan hidup saya tidak menyenangkan dan pekerjaan ini adalah bukan pekerjaan yang saya cintai sampai-sampai saya harus membeli buku seharga 32 ribu rupiah ini…

Tapi entahlah, saya tertarik membelinya karena sepertinya ada seseorang yang sedang membutuhkannya. Hmmm…..berkali-kali dia mengeluh soal nggak enaknya kerja di tempat barunya yang sekarang. ada bosnya yang begini lah, ada sesama karyawan yang mulai keliatan suka “menjilat” bosnya lah,belum lagi soal cara kerja dari masing-masing orang yang berbeda-beda dan membingungkan.

Saya pikir saya cukup beruntung bekerja di tempat saya sekarang. Tidak sempurna lah, banyak kekurangan disana-sini terutama pada saya pribadi, tapi kalo sudah denger dia curhat soal tempat kerjanya, saya jadi senyum-senyum sendiri.

Saya bersyukur saya bisa kerja disini. Gaji…relatif memadai dan sering dibayar tepat waktu. Bonus…lumayan kalo dibandindin tempat kerja yang sejenis…Nyaman…iya karena saya bisa tidur siang dengan cukup leluasa (saya harap bos saya nggak tahu..hihihi), apalagi ya?…uhmm..temen-temen saya, asyik-asyik semua. Kurang apalagi? kolega kerja, lumayan bisa diajak kerjasama. Jadi kalau mau ngomong, saya ini cukup beruntung lah.

Tapi yang namanya kebosanan dan loyalitas yang luntur, bukan juga masalah baru yang saya hadapi. sering banget kalo sudah ngomongin soal bosan kerja. Sering juga curhat bete karena begini karena begitu. Tapi kalo nginget lagi…saya ini lulusan SMA yang (bisa jadi) kebetulan punya sedikit bakat dalam hal menghibur orang, penginnya buang jauh-jauh rasa bosan dan bete saya. Kalo nggak disini, saya bisa kerja dimana lagi???

Mau jadi PNS, kudu pake ijasah sarjana…disini ijasah sarjana, disana ijasah sarjana. itu juga kadang-kadang masih pake acara nyuap-nyuap segala, belum lagi nanti yang cuma dibatasi kontrak dan lain sebagainya. wong sarjana sekarang aja banyak yang nganggur, kenapa saya yang cuma lulusan SMA banyak cingcong?

memang setiap orang perlu dan butuh tantangan. Kalo dipikir-pikir, kerja ditempat ini juga lumayan stagnan. Tapi kembali lagi pada apa yang harus saya lakukan. Mencintai pekerjaan saya adalah sebuah bentuk rasa syukur juga kepada Tuhan. Saya rasa ini bukan kebetulan. Ini adalah sesuatu yang memang diberikan kepada saya. Kenapa saya tidak merawatnya? Toh hanya ini yang bisa saya lakukan. Dan dengan pekerjaan ini saya juga bisa bikin orang tua saya senang, saya bisa bikin anggota keluarga saya juga senang, dan penting juga, bahwa dengan pekerjaan ini saya bisa bikin senang orang lain – kalopun ada yang nggak suka, saya anggap itu sebagai sebuah kewajaran.

Nah, itulah kenapa saya membeli buku ini. Salah satunya ya karena alasan itu. Bahwa saya butuh bantuan juga untuk lebih menikmati hidup saya plus pekerjaan saya. Siapa tahu saya bisa mengupgrade kemampuan saya. Secara akademis mungkin agak sulit, hehehehe…tapi siapa tahu secara psikologis saya bisa lebih baik lagi dalam melakukan sesuatu?? siapa yang tahu.

XOXO,

Toekang Roempi

Leave a Reply

