Bagaimana Mengatasi Stres?

Tertekan? Siapa yang tidak pernah? Semuanya hampir pernah mengalami satu situasi dimana stress membuat semuanya jadi kacau balau. Antara pekerjaan, masalah pribadi dan keluarga, dan urusan keuangan terkadang begitu berlebihan datangnya.

Dan stress memang tidak melulu jelek. Ada yang baik ada yang buruk. Stress yang baik adalah stress yang membuat kita jadi lebih produktif, sementara yang buruk sering menyebabkan kita susah tidur dan mengalami banyak gangguan baik fisik maupun mental.

Berikut ini adalah artikel yang disadur dari halaman Yahoo.com tentang bagaimana mengatasi stress dan mengetahui seberapa berat tekanan yang kita terima dan mengetahui gejala-gejala stress.

  • Tanda Tanda Gejala Stress

Masing-masing orang berbeda dalam menghadapi stress. Tapi berikut ini adalah tanda-tanda umum gejala psikis apabila seseorang menderita akibat stress :

  • Perasaan mudah marah
  • Depresi
  • Kecemasan
  • Mudah lapar atau malah kehilangan selera makan
  • Sering sedih dan ingin menangis
  • Bermasalah dengan konsentrasi
  • Susah tidur dan selalu merasa lelah setiap waktu

Sementara untuk gejala fisiknya adalah sebagai berikut :

  • Sesak di dada
  • Konstipasi atau malah menderita diare
  • Kram dan kejang otot
  • Sering merasa pusing
  • Sering merasa gugup, ditandai dengan menggigiti kuku jari tangan
  • Sering merasa gelisah
  • Mudah tertusuk sesuatu karena hilang konsentrasi
  • Mengalami masalah dengan seks, baik disfungsi ereksi sampai kehilangan selera
  • Sering sesak nafas
  • Tidak bisa tidur

Memiliki beberapa dari berbagai gejala baik fisik maupun psikis seperti diatas bisa dikategorikan bahwa kita sedang dalam keadaaan stress

  • Bagaimana Stress Bekerja?

Ketika kita sedang dalam kondisi stress, tubuh kita mengeluarkan hormon kortisol, adrenalin dan noradrenalin. Dan hormon-hormon inilah yang menyebabkan fisik kita mengalami berbagai kondisi seperti yang sudah tersebut diatas. Biasanya kita akan mulai berkeringat dan tekanan darah akan naik dalam jangka waktu yang tidak lama. Dan kondisi ini yang biasanya akan melemahkan sistem imun dalam tubuh dan menyebabkan kondisi badan jadi tidak sehat. beberapa orang bahkan akan mengalami kenaikan berat badan karena saat stress, tubuh kita mengeluarkan lemak dan gula ke dalam aliran darah kita. Dan karena stress membuat tekanan darah naik, tidak dianjurkan mengalami stress dalam jangka waktu lama karena bisa meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

  • Saran dari Dr. Chris Steel, ahli dalam menangani stress

Ingat selalu kata STRESS

S – Sharing

Berbagilah dengan orang lain. Tidak perlu gengsi dan mengaku bahwa anda tak punya masalah. Kalau memang anda membutuhkan bantuan orang lain, berceritalah dan berbagilah dengan mereka. ceritakan kekhawatiran anda. Tapi ingat, ceritalah dengan orang yang tepat, karena salah-salah anda malah akan semakin menambah beban pada masalah Anda.

T – Take A Stock , Nikmatilah Hidup Anda

Apakah Anda merasa sudah menjalani hidup seperti apa yang anda inginkan? jika belum, lakukanlah. Sekaranglah saatnya menikmati hidup Anda.

R – Relax

Bersantailah dan nikmati hobi anda. Apakah anda suka melakukan ini dan itu yang membuat Anda senang? well, nikmatilah hobi Anda karena melakukan kegiatan yang menjadi hobi Anda mampu membuat anda bahagia dan hal ini bisa membuat kita santai.

E – Exercise

Olah raga adalah salah satu hal yang disarankan oleh para ahli untuk meredakan stress. Tidak perlu berat-berat, cukup berjalan kaki setiap hari selama 30 menit. Sangat simple, 15 menit pergi dan 15 menit pulang, jalan kaki.

S – Say No!

Berani katakan tidak pada setiap tugas yang tidak bisa anda kerjakan. Jangan tambah beban kerja Anda. Kalau memang tidak bisa, jangan terima. Ingat kesehatan anda dan kebahagiaan keluarga Anda.

S – Shop at The Pet Store

Artinya, milikilah hewan peliharaan. Riset menunjukkan mereka-mereka yang mempunyai hewan peliharaan seperti kucing atau anjing memiliki tingkat stress yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Nah, jika Anda merasa sangat menderita karena stress berkepanjangan, kunjungi dokter anda tapi jangan mengkonsumsi obat terlalu lama. Kunjungi juga psikolog, ahli hipnoterapis bersertifikat, atau terapis lainnya, yang tidak meresepkan obat kimia apapun.

XOXO,

Toekang Roempi

2 thoughts on “Bagaimana Mengatasi Stres?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s