Tahun Tanpa Resolusi

Tahun baru sudah datang, sudah berjalan 6 hari malahan. Cepat sekali ya? Dan diawal tahun ini, apakah ada diantara Anda yang sudah berhasil mencapai sesuatu seperti yang sudah ditargetkan sebelumnya?

Atau malah anda mengawali tahun ini tanpa ada resolusi yang muluk-muluk sama sekali? sama seperti saya? hehehehe

Ya, tahun ini saya tidak punya resolusi apa-apa. Hanya ada beberapa keinginan yang masih terhitung sisaan tahun lalu. Pengin nabung,pengin lebih langsing, pengin lebih sehat, pengin punya rumah, dan udah…sementara itu saja. Lainnya, yang baru-baru, saya nggak punya. Wong yang tahun lalu aja masih belum kelar, gimana mau ditambahin yang baru-baru lagi tahun ini? wah, bisa gila saya…

Tapi menetapkan keinginan dan menargetkannya memang sebaiknya dilakukan semua orang, meski banyak yang setuju, mencapai semua keinginan itu adalah bukan perkara gampang. Mau nabung, godaan diskon sepanjang tahun selalu saja bisa membelokkan kita dari tujuan semula. Mau langsing, banyak undangan pesta, atau nafsu makan malah bertambah gila-gilaan yang akhirnya bukan menurunkan angka timbangan malah sebaliknya.

Saya sempat browsing kesana kemari dan mencari tahu tentang bagaimana caranya supaya saya tetap “on track” dalam mencapai keinginan saya tahun ini. Karena saya 100% yakin bahwa saya ini orangnya gampang sekali teralihkan oleh hal lain, ujung-ujungnya, saya malah tidak menghasilkan apapun seperti yang sebelumnya saya inginkan.

Dari laman UK Life style Yahoo! saya menemukan, bahwa kegagalan terbesar dalam mencapai semua keinginan kita adalah ketika kita sudah tidak realistis lagi ketika menetapkan goal yang ingin dicapai. Mau kurus dengan cara instan? mau kaya dengan cara instan? bukannya tidak mungkin, tapi beresiko lebih besar dan tidak menyenangkan pada akhirnya.

Ada prinsip (yang saya juga baru tahu), dimana prinsip ini disebut SMART. Yang artinya :

Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-framed

Intinya, semuanya resolusi, keinginan, cita-cita, itu harus spesifik, terukur, masih masuk akan untuk dicapai (walaupun didunia ini apa sih yang nggak mungkin?), relevan dan bisa ditentukan dengan waktu.

Ada beberapa item yang harus diperhatikan, oleh saya dan juga untuk anda.

1. The Power Of Positive Thinking

Sekalinya kita menetapkan target pencapaian kita, disarankan kita selalu berpikir positif dan percaya diri bahwa kita ini bisa dan mampu melakukannya. Kita bisa mengetahui seberapa besar kemampuan kita dari seberapa besar keinginan kita, contohnya : Apakah “hal” ini adalah hal selama ini Anda inginkan, lebih dari apapun? Cari terus bukti bahwa kita memang benar-benar ingin dan mampu mencapainya. Mungkin butuh banyak pengorbanan dan sebagian tidak menyenangkan tapi dengan berpikir positif secara terus menerus, diharapkan mampu membuat kita tetap bersemangat dalam mencapai cita-cita kita.

2. Goal Framing – Membingkai tujuan

Saya sedang dalam keinginan berdiet sekarang, tapi terkadang saya tidak ingin melanjutkannya karena saya tahu, saya tidak bisa menolak makanan enak berkalori tinggi.😦 saya bingung dengan hal ini dan saya ingin menyerah saja, padahal saya belum mulai! That’s the worst thing ever! What am i supposed to do?

Artikel ini menyebutkan bahwa saya sedang dalam proses melarikan diri, alih-alih mendekatin tujuan akhir saya, saya malah memilih lari dan beralasan bahwa saya tidak bisa berhenti untuk bersenang-senang dengan makanan-makanan tidak sehat yang selama ini saya konsumsi. Banyak orang yang begitu ketakutan dan malas pada awalnya, bahkan sebelum dia memulai sebuah proses, sehingga pesan yang ditimbulkan adalah pesan negatif bahwa bagaimanapun usahanya, semua tidak akan berhasil. Dan salah satu tujuan untuk tidak teralihkan dan menyerah adalah membingkai tujuan akhir kita. Saya harus membayangkan, hal-hal indah apa saja yang bisa saya dapat seandainya keinginan saya bisa saya penuhi.

Hmmmm…ya ya ya…tambah langsing, tambah sehat, tambah ganteng…xixixixi

3. Put Pen On Paper – Tulis!

Ini yang tidak pernah saya lakukan selama ini. Menulis goal-goal saya, dan menempelnya di kamar kos saya! OH GOSH! Kemana saja saya selama ini? apa yang sudah saya lakukan?

Ternyata hal ini cukup membantu. Tulis semua yang anda inginkan dan lihatlah setiap hari. Saya disarankan, jika ingin menurunkan berat badan, saya harus menempel semua gambar saya ketika berat badan saya sedang dalam kondisi ideal, dan saya harus menuliskan kalimat-kalimat penyemangat sebagai dukungan terhadap diri saya, dan tentunya mencari dukungan dari orang lain di sekitar saya. teman-teman, dan keluarga.

Ah, saya akan memulainya!

4. Be Patience! – Sabar

Ini yang mungkin hampir tidak bisa saya jalani. Karena saya ini orangnya cenderung praktis dan nggak pengen ribet. Suka yang instan,  padahal, tidak semua yang instan juga butuh waktu cepat, kita tetap harus menunggu. Iya kan? Itulah kenapa penting menetapkan jangka waktu tertentu. Itulah kenapa saya harus punya deadline untuk tujuan saya ini. Dan bersabar untuk tidak tergoda dengan cara-cara instan yang hasilnya mungkin malah akan mengecewakan.

5. be Perspective – tetap rasional.

Ini yang harus diperhatikan juga oleh saya dan Anda. Mempunyai goal tertentu memang boleh, tapi kalau sudah memaksakan diri, itu yang tidak dianjurkan. Mau kurus, lari-lari hampir tiap hari tapi habis itu badan sakit semua dan nggak bisa kerja atau olah raga dalam waktu yang lama? sama juga bo’ong ya? Intinya sesuaikan dengan kemampuan lah…

Kalau saya semampu apa ya? hiihihii

Ya, tahun ini memang tidak ada resolusi berarti karena masih sama seperti tahun lalu, tapi semoga saja 2011 menjadi tahun yang baik untuk mencapai apa yang belum sempat teralisasi di tahun lalu. Amin

Happy new year 2011

XOXO,

Toekang Roempi

Leave a Reply

